Ini Cara yang Benar Menikmati Bakmi ala Tirta Lie

Kompas.com - 12/12/2017, 06:10 WIB
Food blogger Tirta Lie dan Asisten Manager Marcomm MOI, Benny dalam Tirta Lie Festival di Mall of Indonesia Jakarta, Jumat (8/12/2017). KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAHFood blogger Tirta Lie dan Asisten Manager Marcomm MOI, Benny dalam Tirta Lie Festival di Mall of Indonesia Jakarta, Jumat (8/12/2017).
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Di Jakarta, salah satu kuliner bakmi dapat ditemukan mulai dari bakmi di kaki lima, rumah makan, hingga restoran. Namun terkadang para pembeli lupa akan cara menikmati bakmi tersebut dengan benar.

Seorang food blogger spesialis bakmi, Tirta Lie menjelaskan cara yang benar untuk dilakukan kala Anda menikmati bakmi.

“Kalau makan bakmi, jangan dikasih sambal atau dikasih apa pun. Pertama kali kita makan bakminya dulu, rasakan mi-nya,” kata Tirta Lie saat ditemui di festival bakmi, Tirta Lie Festival 2 di Mall Of Indonesia, Jumat (8/12/2017).

Baca juga : Dari Bakmi Unik hingga Sehat Ada di Tirta Lie Festival 2

Ia menjelaskan saat ini banyak sekali pedagang bakmi yang mengelabui rasa bakmi dengan hidangan topping yang menarik. Maka dari itu, pembeli pun harus pintar-pintar memilih.

Bakmi kan makan mi, bukan dagingnya. Meski topping-nya banyak, yang didahulukan adalah mi. Saya biasanya lihat dari cara bikin dan wanginya, kalau bikinnya asal-asalan pasti nggak enak. Kalau mi sudah sempurna, maka semuanya sempurna,” kata dia.

Baca juga : Yuk, Cicipi 3 Bakmi Jawa Legendaris di Yogyakarta

Menurut Tirta Lie, bakmi yang dikatakan enak tentu relatif. Tetapi bagi dia, hal yang pertama diperhatikan kala menikmati bakmi dimulai dari bahan yang digunakan, tekstur mi, dan bagaimana cara penjual merebus mi tersebut.

Sebab, kata dia, tepung yang digunakan untuk mi juga memiliki peranan untuk menghasilkan tekstur mi yang baik.

Seporsi bakmi komplit spesial di Bakmitopia, Kemanggisan, Jakarta.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Seporsi bakmi komplit spesial di Bakmitopia, Kemanggisan, Jakarta.
Nah, jika Anda telah mengamati cara pembuatan juga menghirup aroma bakmi tersebut, Tirta Lie mengatakan agar tak lupa mengaduk mi itu sendiri.

“Biasanya kadang-kadang pedagang lupa untuk mengaduk bakmi, apalagi kalau tokonya ramai biasanya langsung dihidangin. Makanya setiap makan bakmi, jangan malas mengaduk bakmi,” katanya.

Ia menambahkan, bentuk mi seperti mi kecil, besar, keriting, gepeng tidak mempengaruhi. Bentuk mi dapat dipilih sesuai selera pembeli.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X