Kompas.com - 22/12/2017, 16:05 WIB
Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOWisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember bisa jadi waktu untuk pergi bersama bunda tercinta. Berbagai apresiasi diberikan untuk ibu, biasanya lewat ucapan dan hadiah. Tak hanya itu, sebenarnya ada bentuk apresiasi lain yang dapat diberikan kepada ibu, yakni mengajak berwisata.

Khusus Hari Ibu, Kompas Travel merangkum lima taman yang cocok dikunjungi bersama ibu. Kegiatan bersantai dan piknik dapat memberi kenangan tersendiri bagi ibu. Jangan lupa siapkan bekal piknik tanpa merepotkan ibu.

Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Wisatawan mengunjungi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun.
1. Kebun Raya Bogor

Suasana yang asri dan cuaca yang sejuk menjadikan Kebun Raya Bogor obyek wisata unggulan di Kota Bogor, Jawa Barat. Di sini pengunjung dapat berpiknik santai, belajar sejarah, dan membeli hasil bumi khas Bogor. Untuk menuju Kebun Raya Bogor dapat memanfaatkan KRL dari Jakarta, Bekasi, maupun Tangerang.

(Baca juga : Tiga Cara Terbaik Menjelajahi Kebun Raya Bogor)

Salah satu zona taman Perancis, bentuk geometris dan pangkasan perdu pendek yang merupakan ciri khas utama taman Perancis.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Salah satu zona taman Perancis, bentuk geometris dan pangkasan perdu pendek yang merupakan ciri khas utama taman Perancis.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara terletak di Cianjur, Jawa Barat dan relatif mudah diakses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Taman Bunga Nusantara memiliki luas 50.000 meter persegi, dengan koleksi bunga yang lengkap. Selain melihat bunga, keluarga khususnya anak-anak dapat bermain di aneka wahana seperti labirin, mandi bola, bom-bom car, dan wahana wisata lainnya.

Kontainer De Cabin di Taman Buah Mekarsari, Jonggol, Kabupaten Bogor. Foto diambil  21/2/2017.KOMPAS/RIZA FATHONI Kontainer De Cabin di Taman Buah Mekarsari, Jonggol, Kabupaten Bogor. Foto diambil 21/2/2017.
3. Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari menjadi tempat yang tepat untuk berwisata bersama keluarga. Selain indah, taman ini memiliki unsur edukasi yang kental. Ada berbagai tanamab buah dan bunga yang dapat dicicipi juga dapat dibeli untuk oleh oleh. Taman ini terletak di Jonggol, Cileungsi, Bogor. Dapat ditemuh 1,5 jam berkendara dari Jakarta. Tersedia juga berbagai tur ke kebun yang disediakan bagi pengunjung.

(Baca juga : Yuk, Cicipi Buah Langka di Mekarsari)

4. Taman Bunga Wiladatika

Pertama kali dibuka tahun 1980 dan banyak dijadikan lokasi syuting film dan sinetron lawas. Keindahannya masih bertahan hingga sekarang, dengan penambahan fasilitas wisata. Seperti paintball, penyewaan sepeda dan becak mini, outbond, kolam renang, gedung olahraga, dan masih banyak lainnya. Letaknya terbilang tak terlalu jauh dari pusat Jakarta dibandingkan taman lainnya. Taman Bunga Wiladatika berada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, dekat Mal Cibubur Junction.

Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (2/3/2016) malam. Air mancur ini diklaim adalah yang terbesar di Asia Tenggara.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (2/3/2016) malam. Air mancur ini diklaim adalah yang terbesar di Asia Tenggara.
5. Taman Sri Baduga Purwakarta

Berbeda dengan taman lainnya, taman kebanggaan Purwakarta ini menawarkan pemandangan air mancur menari bercahaya. Waktu terbaik berkunjung ke taman ini pada Sabtu malam sebab jadwal air mancur menari hanya ada pada hari tersebut.

Tak dipungut biaya untuk melihata pertunjukan air mancur ini. Sebelum ke Taman Sri Baduga dapat menghabiskan waktu untuk berwisata kuliner di Purwakarta yang terkenal dengan sate maranggi. Untuk menuju Purwakarta dapat ditempuh 2,5 -3 jam berkendara dari Jakarta.

(Baca juga : Taman Sri Baduga Jadi Andalan Pariwisata Purwakarta)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X