Kompas.com - 27/12/2017, 16:28 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak tertinggal dengan tren mangga alpukat, ada pula mangga pisang yang menjadi perhatian banyak orang.

Beberapa dari mereka mengira bahwa mangga tersebut adalah perkawinan antara mangga dengan alpukat atau mangga dengan pisang.

Baca juga : Indonesia Punya Mangga Alpukat, Di Inggris Ada Alpukat Tanpa Biji

Hal tersebut pun tidak dibenarkan oleh pemilik label buah mangga Fresh Mangoes, Heru Andriyono. Ia menjelaskan bahwa mangga tersebut adalah mangga gadung arum manis dengan klon 143 dan 21.

“Intinya mangga alpukat dengan mangga pisang ini sama saja, klonnya sama. Serat dari klon sangat halus, sehingga bisa dipotong seperti itu,” kata Heru kepada KompasTravel, Selasa (26/12/2017).

Baca juga : Apa Itu Mangga Alpukat?

Heru melanjutkan, perbedaan antara dua mangga tersebut hanyalah pada cara mengupasnya. Untuk mangga alpukat dikupas seperti alpukat, dan mangga pisang dikupas seperti pisang, tetapi rasa dari mangga sendiri sama-sama manis.

Nah, ada yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli mangga ini. Sebab, jika ingin mengupas seperti pisang, maka harus memilih mangga yang ukurannya lebih kecil.

Mangga kekinian dinamakan mangga alpukat. Mangga gadung arum manis yang memiliki serat sangat halus dan cita rasa manis saat dinikmati. KOMPAS.COM/ANGGITA MUSLIMAH Mangga kekinian dinamakan mangga alpukat. Mangga gadung arum manis yang memiliki serat sangat halus dan cita rasa manis saat dinikmati.
“Untuk banana mango harus pilih (mangga) yang kecil, kalau (dikupas seperti) alpukat bisa kecil dan besar. Soalnya kalau banana mango kan harus dipilih mangga yang seratnya lebih halus dan kecil,” kata dia.

Para pembeli pun bisa memilih sesuai dengan keinginannya baik itu mangga alpukat maupun mangga pisang.

Untuk harga mangga alpukat ini, Heru membanderol per satu buahnya sekitar Rp 30.000. Sementara pembeli dapat pula membeli per satu dus yang total beratya sekitar lima kilogram, terdiri dari 12 buah mangga ukuran besar degan harga Rp 250.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.