Bersihkan Pantai, Ancol Datangkan Alat dari AS

Kompas.com - 05/01/2018, 18:50 WIB
Mesin pembersih sampah di pasir yang didatangkan Taman Impian Jaya Ancol dari Amerika Serikat. Dok. Taman Impian Jaya AncolMesin pembersih sampah di pasir yang didatangkan Taman Impian Jaya Ancol dari Amerika Serikat.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Taman Impian Jaya Ancol mendatangkan mesin pembersih khusus pantai dari Amerika Serikat. Alat yang berfungsi sebagai penyaring pasir dari sampah dan kotoran itu sudah mulai digunakan pada akhir 2017.

"Kami melakukan investasi tidak hanya dengan penambahan pasir putih sepanjang 3,5 kilometer, tetapi juga hadirkan beach cleaner agar pengunjung nyaman menikmati pantai Ancol," kata Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali sesuai siaran pers yang KompasTravel terima, Kamis (4/1/2018).

Mesin pembersih pantai ini memiliki cara kerja seperti mobil, yang menyedot sampah dan pasir secara bersamaan. Kemudian, secara otomatis sampah akan dipisahkan dari pasir, dan sampah akan ditempatkan ke bak yang juga diangkut mesin tersebut.

Daya tampung sampah dalam bak tersebut sekitar 1.500 kilogram atau setara dengan 1,5 ton sampah. Alat ini mampu membersihkan area pantai seluas 7 hektar per jam.

Saat ini mesin tersebut beroperasi di Pantai Lagoon sampai Pantai Carnaval Ancol yang terbentang 3,5 kilometer.

Pihak manajemen Ancol berharap agar wisatawan yang berekreasi di pantai juga ikut menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan. Temuan Ancol, banyak sampah dari kemasan makanan, minuman, serta puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengunjung.

"Manajemen juga terus mengingatkan pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan pantai melalui spanduk maupun pengeras suara oleh petugas penjaga pantai," imbau Ancol lewat siaran pers. (*)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X