Kompas.com - 26/01/2018, 12:00 WIB
Rumah Bambu Pengalon di Karangasem yang sudah hancur. Kompas.com/Silvita AgmasariRumah Bambu Pengalon di Karangasem yang sudah hancur.
|
EditorWahyu Adityo Prodjo

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Bambu Pengalon di Karangasem, Bali banyak direkomendasi dalam situs wisata yang tersebar di internet. Namun, sayang jika berkunjung ke Bali, Rumah Bambu Pengalon yang konon menjadi tempat berfoto menarik itu kini sudah hancur.

"Sudah dari satu setengah tahun lalu hancur (2017). Jembatannya terbawa arus ke laut," kata para warga di Banjar Pengalon saat ditemui oleh KompasTravel, Rabu (24/1/2018).

Lewat penjelasan para warga, Rumah Bambu Pengalon sebenarnya bukan tempat yang dibangun khusus untuk wisata.

Rumah dari susunan bambu tersebut sebenarnya dimaksud untuk menjadi tempat penyelenggaraan festival. Namun sayang, selesai dibangun izin acara tidak didapat penyelenggara. Alhasil rumah bambu tersebut terbengkalai.

"Kalau awal baru jadi itu memang bagus. Kira-kira tiga tahun lalu jadinya (2015). Banyak yang datang ke sana untuk foto. Kami juga sempat ke sana," kata warga.

Meski masih tampak rumah bambu, beberapa bagian sudah runtuh dan berubah warna. Jembatan Rumah Bambu Pengalon yang disebutkan warga berada di atas muara, sudah lenyap tanpa sisa. Jadi agaknya sulit sekalipun menuju bekas Rumah Bambu Pengalon.

Sebagai alternatif, masih banyak destinasi wisata di Karangasem. Seperti deretan pantai cantik Blue Lagoon, Pantai Virgin, Pantai Bias Putih, atau bisa berkemah di Bukit Asah, berkunjung ke Pura Besakih atau Pura Lempuyang Luhur yang terkenal dengan pemandangan indah, dan wisata sejarah sekaligus taman di Tirta Gangga serta Taman Ujung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.