Sensasi Menyelam di Curug Ciampea dan Green Lagoon Bogor

Kompas.com - 15/03/2018, 23:58 WIB
Freediving di antara bongkah lava di Leuwi Ngumpet, Green Lagoon, Curug Ciampea, Tenjolaya, Bogor, Rabu (14/3/2018) FIKRIA HIDAYATFreediving di antara bongkah lava di Leuwi Ngumpet, Green Lagoon, Curug Ciampea, Tenjolaya, Bogor, Rabu (14/3/2018)

BOGOR, KOMPAS.com - Tutupan hutan hujan yang masih rapat serta kontur alam berupa jurang dan lembah yang dalam, membuat kawasan Gunung Salak memiliki banyak tempat eksotis, salah satunya yang sedang menjadi magnet adalah Curug Ciampea dan Green Lagoon.

Curug berada di lereng barat laut Gunung Salak, tepatnya di Desa Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Air Curug sangat jernih dan dingin. Terdapat kolam atau lubuk dengan kedalaman maksimal tiga meter.

Karena kejernihan airnya inilah, tak salah jika kita menikmatinya dengan cara menyelam bebas atau freediving. Dibanding menyelam di laut, ada sensasi yang berbeda menyelami sungai di ketinggian 970 - 1.000 meter di atas permukaan laut ini, yaitu airnya dingin dan empasan arus air terjun.

Titik yang cocok untuk diselami adalah Green Lagoon dan Leuwi Ngumpet, yang lokasinya berdekatan satu aliran sungai dengan Curug Ciampea. Tak jelas sejarahnya kenapa dinamakan Green Lagoon yang seharusnya merupakan danau air asin. Mungkin saja karena seperti danau dan airnya hijau pantulan dedaunan.

Sedangkan Leuwi Ngumpet terletak tak jauh di bawah bawah Green Lagoon yang lokasinya agak tersembunyi di balik batuan.

Green Lagoon dan Leuwi Ngumpet sebenarnya adalah bongkah lava yang membeku jejak letusan Gunung Salak yang berbentuk lubuk atau ceruk akibat empasan air.

Bagi pecandu adrenalin, tentu akan menjadi pengalaman seru menyelam di dalam ceruk yang gelap dan di bawah guguran air terjun. Tenang saja, pada saat debit air normal, arus air di tempat ini tidak terlalu kencang. Yang wajib dipastikan adalah, Anda tidak menyelam saat cuaca buruk atau curah hujan tinggi, karena ada ancaman bah yang sangat membahayakan jiwa.

Bagi pemula yang ingin mencoba, pastikan Anda tidak menyelam sendiri, wajib ada pendamping, dan coba di titik yang tidak terlalu dalam. Jangan khawatir, menyelam atau sekadar berenang di sini sangat menyenangkan lho, hitung-hitung kalian memulai olahraga mengolah nafas.

Green Lagoon di Curug Ciampea, Tenjolaya, Bogor, Rabu (14/3/2018).FIKRIA HIDAYAT Green Lagoon di Curug Ciampea, Tenjolaya, Bogor, Rabu (14/3/2018).

Apa saja sih kesenangan selain menyelam?

Selain menyelam bebas, ada aktivitas lain yang tak kalah seru yaitu trekking dan camping. Ada dua pilihan rute trekking, yaitu melewati persawahan berundak yang indah atau melalui hutan pinus yang rindang. Sedangkan camping biasanya di Curug Ciputri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X