Transformasi Seragam Pramugari Citilink dan Artinya - Kompas.com

Transformasi Seragam Pramugari Citilink dan Artinya

Kompas.com - 19/03/2018, 17:29 WIB
Untuk desain seragam baru, Citilink menunjuk desainer muda Luis Vioni yang sebelumnya juga telah berpengalaman dalam merancang seragam karyawan BUMN. KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Untuk desain seragam baru, Citilink menunjuk desainer muda Luis Vioni yang sebelumnya juga telah berpengalaman dalam merancang seragam karyawan BUMN.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan maskapai penerbangan melakukan pembaruan seragam kru kabin dalam jangka waktu tertentu. Tak terkecuali Citilink yang sudah tiga kali melakukan pembaruan terhadap seragam kru kabin.

"Airline terkemuka di dunia memikirkan bagaimana seragam kru kabinnya. Hasilnya ketika orang melihat seragam tersebut dapat mencerminkan image dari maskapai tersebut," kata Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo saat peluncuran seragam baru Citilink dan asuransi perjalanan Supershield di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Baca juga : Citilink Luncurkan Seragam Baru Pramugari, Ada yang Khusus Hijab

Berikut adalah transformasi seragam pramugari Citilink berserta arti di balik seragam tersebut:

1. Sebelum 2012

Citilink membuat gebrakan di industri penerbangan Indonesia dengan menampilkan seragam kru kabin yang simpel dan kasual. Seragam terdiri dari kaos berkerah warna merah hati dan celana panjang selutut warna khaki. Di peluncuran seragam Citillink terbaru, disebutkan seragam pertama mencerminkan maskapai yang nyaman dengan harga terjangkau.

Lembaga pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax, memberikan 4-Star Airline untuk Citilink pada acara Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Singapura, Kamis (8/2/2018). Citilink menjadi maskapai berbiaya rendah (low cost carrier) pertama yang meraih peringkat 4-Star Airline.KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Lembaga pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax, memberikan 4-Star Airline untuk Citilink pada acara Singapore Airshow 2018 di Changi Exhibition Center, Singapura, Kamis (8/2/2018). Citilink menjadi maskapai berbiaya rendah (low cost carrier) pertama yang meraih peringkat 4-Star Airline.

2. 2012-2018

Citilink mengganti seragam kru kabin melalui kontes desain. Warna hijau lantas diambil menjadi warna dasar seragam yang sesuai dengan warna daun. Warna hijau daun dianggap sebagai simbol berkembang dan tumbuh. Seragam ini memiliki bentuk gaun selutut dengan ikat pinggang warna putih.

Seragam baru ini rencananya akan digunakan oleh seluruh kru kabin Citilink pada Mei 2018. KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Seragam baru ini rencananya akan digunakan oleh seluruh kru kabin Citilink pada Mei 2018.

3. 2018

Mei 2018, kru kabin Citilink akan mengenakan seragam baru. Untuk pertama kalinya juga maskapai Citilink meluncurkan seragam khusus hijab. Warna hijau cerah dipilih untuk warna seragam terbaru. Begitu juga dengan motif Gurdo Aji yang berarti anak burung garuda yang terbang mengikuti arah angin untuk terus terbang lebih tinggi dan jauh. Bentuk seragam Citilink terbaru terdiri dari blazer dan rok span, blazer dan celana panjang untuk seragam hijab, serta rompi warna hitam untuk pramugara.



Close Ads X