Belanja "Online" Saat Libur Lebaran, Perhatikan Tipsnya - Kompas.com

Belanja "Online" Saat Libur Lebaran, Perhatikan Tipsnya

Kompas.com - 14/06/2018, 05:17 WIB
ILUSTRASI - Pengunjung memilih baju yang dijual di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Kamis (25/8/2011). Mendekati Lebaran, sejumlah pusat perbelanjaan seperti Pasar Beringharjo mulai dipadati oleh warga masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan hari raya Idul Fitri. TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI ILUSTRASI - Pengunjung memilih baju yang dijual di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Kamis (25/8/2011). Mendekati Lebaran, sejumlah pusat perbelanjaan seperti Pasar Beringharjo mulai dipadati oleh warga masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan hari raya Idul Fitri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen liburan biasanya membuat warga semakin konsumtif. Apalagi jika momen liburan bersamaan dengan Hari Raya.

Untuk itu, ada baiknya Anda bijak dalam berbelanja dan lebih ketat soal kemanan belanja di internet atau di luar kota.

Berikut tips belanja saat liburan Lebaran dari Mastercard, sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (13/6/2018):

1. Proaktif

Diskon dan penawaran menarik biasanya muncul jelang Lebaran. Oleh karena itu, lakukan riset secara online untuk menemukan diskon dan penawaran terbaik saat ini maupun yang akan datang. Kemudian susun jadwal belanja.

Toko online sering memberikan diskon dan penawaran menarik lebih awal dari toko offline. Namun sebelum berbelanja secara online, pastikan Anda menggunakan jaringan koneksi internet yang aman.

Temukan ikon berbentuk gembok yang terletak di sebelah kanan alamat situs webpada browser Anda. Ikon ini melambangkan bahwa browser Anda aman.

2. Jaga keamanan kartu Anda

Apabila menemukan penawaran menarik saat berada di luar rumah atau dalam perjalanan, Pastikan Anda terhubung dengan jaringan WiFi pribadi ketika melakukan pembayaran. Baik melalui ponsel maupun laptop.

Hal ini dapat membantu memastikan detail kartu Anda tetap aman dan terjaga.

3. Waspada setiap saat

Konsumen cerdas tidak hanya tahu bagaimana cara meminimalisir penipuan, tetapi juga mengetahui bagaimana cara menanggulangi jika hal tersebut terjadi. Perhatikan sarana atau informasi keamanan terbaru.

Juga pastikan Anda memiliki kontak bank untuk masalah darurat. Tidak ada salahnya untuk untuk selalu siap sedia terhadap kondisi yang paling buruk.


Komentar

Close Ads X