Kompas.com - 14/06/2018, 05:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen liburan biasanya membuat warga semakin konsumtif. Apalagi jika momen liburan bersamaan dengan Hari Raya.

Untuk itu, ada baiknya Anda bijak dalam berbelanja dan lebih ketat soal kemanan belanja di internet atau di luar kota.

Berikut tips belanja saat liburan Lebaran dari Mastercard, sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (13/6/2018):

1. Proaktif

Diskon dan penawaran menarik biasanya muncul jelang Lebaran. Oleh karena itu, lakukan riset secara online untuk menemukan diskon dan penawaran terbaik saat ini maupun yang akan datang. Kemudian susun jadwal belanja.

Toko online sering memberikan diskon dan penawaran menarik lebih awal dari toko offline. Namun sebelum berbelanja secara online, pastikan Anda menggunakan jaringan koneksi internet yang aman.

Temukan ikon berbentuk gembok yang terletak di sebelah kanan alamat situs webpada browser Anda. Ikon ini melambangkan bahwa browser Anda aman.

2. Jaga keamanan kartu Anda

Apabila menemukan penawaran menarik saat berada di luar rumah atau dalam perjalanan, Pastikan Anda terhubung dengan jaringan WiFi pribadi ketika melakukan pembayaran. Baik melalui ponsel maupun laptop.

Hal ini dapat membantu memastikan detail kartu Anda tetap aman dan terjaga.

3. Waspada setiap saat

Konsumen cerdas tidak hanya tahu bagaimana cara meminimalisir penipuan, tetapi juga mengetahui bagaimana cara menanggulangi jika hal tersebut terjadi. Perhatikan sarana atau informasi keamanan terbaru.

Juga pastikan Anda memiliki kontak bank untuk masalah darurat. Tidak ada salahnya untuk untuk selalu siap sedia terhadap kondisi yang paling buruk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.