Kompas.com - 20/06/2018, 16:21 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Saat pulang dari kampung halaman baik lewat Jalur Pantura atau Tol Cipali, Anda bisa singgah dahulu di Kota Cirebon.

Kota di bibir pantai utara Jawa ini memiliki berbagai kudapan khas, baik tradisional maupun modern, yang bisa dibawa wisatawan. Anda bisa membawa pulang mulai dari krupuk, sambal, tape ketan, hingga sirup yang tentunya khas.

Agar tidak bingung, berikut KompasTravel berikan referensi tempat-tempat untuk berburu oleh-oleh khas Cirebon tersebut.

1. Kampung Batik Trusmi

Terkenal dengan batiknya, Trusmi merupakan nama sebuah kampung atau desa penghasil batik khas Cirebon. Di kampung ini Anda bisa mendapatkan ragam batik Cirebon, termasuk model Mega Mendung, yang konon berasal dari Kampung Trusmi ini.

Untuk menuju ke sini, Anda bisa masuk lewat Jalan Raya Plered, yang merupakan salah satu sentra oleh-oleh juga. Gerai batik tersebar di daerah Trusmi Kulon.

Selain baju batik, toko-toko di sana lazimnya menjual selendang, pasmina, dan kain batik. Anda juga bisa berbelanja pernak pernik yang masih bernuansa batik, seperti dompet, gelang, kalung, gelas, dan berbagai aksesori lucu.

Harga yang diberikan sangat bervariasi. Baju batik anak dibanderol mulai Rp 20.000, hingga jutaan rupiah untuk kain batik tulis.

Bagi yang bosan berbelanja sandang, Anda bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh kuliner atau menikmati permainan anak-anak. Anda bahkan bisa pijat refleksi jika lelah setelah berbelanja.


Wisatawan yang berkunjung bisa belajar atau workshop membatik langsung, di EB Batik Tradisional Cirebon.  Wisatawan akan diajari langsung tentang batik Cirebon oleh para pengrajin lokal, Plered, Kabupaten Cirebon, Minggu (14/5/2017).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Wisatawan yang berkunjung bisa belajar atau workshop membatik langsung, di EB Batik Tradisional Cirebon. Wisatawan akan diajari langsung tentang batik Cirebon oleh para pengrajin lokal, Plered, Kabupaten Cirebon, Minggu (14/5/2017).
2. Jalan Raya Plered

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.