6 Tips Menginap di Hotel Kapsul ala Trip Reviewer Marvin Sulistio - Kompas.com

6 Tips Menginap di Hotel Kapsul ala Trip Reviewer Marvin Sulistio

Kompas.com - 20/07/2018, 15:17 WIB
Marvin Sulistio seorang trip reviewer yang telah pergi kurang lebih 25 negara.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Marvin Sulistio seorang trip reviewer yang telah pergi kurang lebih 25 negara.

JAKARTA, KOMPAS.com – Berlibur tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan penginapan, terutama bagi yang berpergian sendirian (solo traveler).

Untuk menghemat biaya saat ini telah hadir hotel kapsul di berbagai negara dengan harga yang terjangkau.

Marvin Sulistio adalah seorang travel reviewer sejak tahun 2013 sudah berkunjung kurang lebih ke 25 negara. Secara eksklusif Marvin Sulistio membagikan tips kepada KompasTravel untuk menginap di hotel kapsul.

Menurut penuturan Marvin, sebagai traveler harus memikirkan pengeluaran, baik pesawat, untuk perjalanan, dan yang terpenting untuk akomodasi sebagai tempat istirahat. Maka sebagai solo traveler ia sering menggunakan hotel kapsul.

Kamar di KINI Luxury Capsule.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Kamar di KINI Luxury Capsule.
Hotel kapsul adalah bentuk akomodasi berbagi yang berkonsep satu ruangan diisi oleh beberapa orang. Setiap orang memiliki privasi sendiri, karena ranjang tertutup dengan bilik layaknya kapsul.

“Ketika kita menggunakan hotel kapsul, kita ingin mencari harga di atas hostel namun lebih rendah dari hotel, dengan kata lain kita mau mendapatkan fasilitas sekelas hotel namun dengan kenyamanan dengan harga sekelas hostel,” ujar Marvin Sulistio saat ditemui di Pluit, Jakarta Utara, Kamis (19/7/2018).

 

1. Perhatikan Review Hotel

Kapsul tipe deluxe di KINI Luxury Capsule, Pluit, Jakarta Utara.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Kapsul tipe deluxe di KINI Luxury Capsule, Pluit, Jakarta Utara.
Saat ini sudah banyak website review untuk traveling. Anda bisa melihat komen dan review di kolom komentar website tersebut. Traveler juga sering membagikan foto amatir tentang hotel yang akan kita tuju.

“Website traveling sudah banyak sekali, kalau saya sering menggunakan TripAdvisor,” ujar Marvin.

 

2. Perhatikan Jenis Kamar

Anda juga harus teliti untuk memilih tipe kamar. Banyak kapsul hotel yang memiliki tawaran ukuran kamar yang berbeda-beda.

Baca juga: 7 Tips Menginap di Hotel Kapsul dan Hostel

Seperti pengalaman Marvin yang memiliki badan cukup tinggi terkadang memiliki kesulitan untuk menemukan hotel kapsul yang tepat.

“Saya pernah ke salah satu hotel di Iceland, ketika saya masuk ke dalam kapsul tersebut ternyata badan saya tidak cukup, jadi tidak nyaman untuk istirahat,” ujar Marvin.

Area santai di selasar lobi.Kompas.com / Dani Prabowo Area santai di selasar lobi.

3. Perhatikan Fasilitas yang Disediakan

Berbagai fasilitas juga pasti ditawarkan oleh hotel kapsul. Namun kebanyakan hotel kapsul masih melupakan pentingnya fasilitas yang disediakan dengan alasan hotel kapsul adalah akomodasi yang praktis dan murah.

Ada baiknya kita mencari tahu apakah hotel kapsul memiliki AC tiap kapsulnya, locker yang memadai, kamar mandi yang baik, stopkontak dengan tipe internasional, ruang komunitas yang memadai, dan masih banyak lagi.

“Untuk mencari hotel kapsul di berbagai negara baik dalam atau luar negeri, bukan hanya lokasinya saja yang perlu kita perhatikan, namun juga fasilitas apa yang disediakan oleh pihak hotel,” ujar Marvin.

Whiz Capsul Hotel di Trawas, Mojokerto.Kompas.com / Dani Prabowo Whiz Capsul Hotel di Trawas, Mojokerto.

4. Jaga Ketenangan

Walaupun kita tinggal di hotel kapsul dengan konsep berbagi kamar dengan tamu hotel lainnya kita tetap ingin memiliki privacy d isana. Ruangan tidur yang berisi banyak kapsul harusnya menjadi ‘area diam’ atau quite zone.

Di kamar kita tidak boleh mengeluarkan suara yang terlalu keras untuk menghormati privacy dari traveler lain. Maka biasanya di seluruh hotel kapsul menyediakan ruangan untuk bersosialisasi atau menciptakan komunitas di sana.

Ruang loker.KOMPAS.COM/gaby bunga saputra Ruang loker.

5. Jaga Barang Pribadi

Setiap hotel kapsul pasti menyediakan locker untuk tiap tamunya. Jangan sampai barang Anda berceceran di lorong kamar yang bisa mengganggu kenyamanan tamu lainnya. Hanya satu dua hotel kapsul yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi, maka kita harus menjaga dengan baik barang bawaan.

“Tapi saran saya kita membawa barang pribadi kita ke dalam kapsul kita untuk mawas diri menjaga barang pribadi kita, bahkan jika kita berada di negara yang tingkat kriminalitasnya rendah sekalipun,” ujar Marvin.

 

6. Punya Menejemen Waktu

Harus diingat bahwa Anda tidak sendirian melainkan bersama banyak traveler lainnya dalam satu lorong kapsul, maka Anda harus menjaga tingkah laku diri kita sendiri.

Tampak isi hotel kapsul di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (3/8/2018). Hotel kapsul pertama di bandara-bandara Indonesia ini akan dioperasikan 10 Agustus 2018 mendatang dengan rate Rp 250.000 untuk enam jam dan Rp 375.000 untuk satu malam.KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA Tampak isi hotel kapsul di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (3/8/2018). Hotel kapsul pertama di bandara-bandara Indonesia ini akan dioperasikan 10 Agustus 2018 mendatang dengan rate Rp 250.000 untuk enam jam dan Rp 375.000 untuk satu malam.
Fasilitas hotel harus digunakan untuk bersama-sama, maka kita harus memiliki menejemen waktu dan mengingat ada orang lain yang ingin menggunakan fasilitas tersebut.



Close Ads X