Catat, 6 Obyek Wisata Religi di Medan - Kompas.com

Catat, 6 Obyek Wisata Religi di Medan

Kompas.com - 27/08/2018, 21:25 WIB
Masjid Raya Medan atau Masjid Al-Mashun di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara. DOK. Dinas Pariwsata Kota Medan Masjid Raya Medan atau Masjid Al-Mashun di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara.

KOMPAS.com – Bila berkunjung ke Kota Medan, kemungkinan besar Anda akan bertemu masyarakat dengan latar belakang etnis berbeda-beda. Tak heran Kota Medan menyandang julukan "Little Asia".

Berikut 6 obyek wisata religi yang bisa Anda kunjungi di kota ini.

1. Masjid Raya Medan

Masjid Al-Mashun yang dijadikan sebagai Masjid Raya Medan berada di Jalan Sisingamangaraja.

Masji yang diprakarsai oleh Sultan Makmun Al-Rasyid pada tahun 1906 bisa menampung hingga 1.500 jamaah.

Masjid ini memliki perpaduan gaya arsitektur Eropa dan Timur Tengah, juga sentuhan India Mughal yang didesain oleh orang Belanda bernama Dengimans.

2. Kuil Shri Mariamman

Kuil ini berada di Jalan Teuku Umar No 18. Kuil Shri bukan saja sebagai tempat ibadah, tetapi kini juga menjadi obyek wisata religi.

Para pengunjung bisa melihat bangunan dengan gaya arsitektur India yang dikelilingi tembok setinggi 2,5 meter dilengkapi relief, ornamen, dan berbagai patung lainnya.

Pada bagian dalam kuil, pengunjung dapat melihat Patung Trimurti yang terdiri dari Patung Dewa Brahma, Patung Dewa Wisnu, dan juga Patung Dewa Siwa.

Kuil ini dibuka untuk umum pada jam-jam tertetu, yakni pukul 06.00 hingga pukul 12.00 WIB dan dibuka kembali pada pukul 16.00 hingga 21.00 WIB.

Graha Maria Annai Velangkanni yang dibangun mulai tahun 2001 ini merupakan sebuah gereja katolik, berada di Jalan Sakura III, Tanjung Selamat, Medan, Sumatera Utara. DOK. Dinas Pariwsata Kota Medan Graha Maria Annai Velangkanni yang dibangun mulai tahun 2001 ini merupakan sebuah gereja katolik, berada di Jalan Sakura III, Tanjung Selamat, Medan, Sumatera Utara.

3. Graha Maria Annai Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni yang dibangun mulai tahun 2001 ini merupakan sebuah gereja katolik, berada di Jalan Sakura III, Tanjung Selamat, Medan.

Uniknya bangunan mengusung keaslian gaya arsitektur Indo-Mogul. Bila dilihat, gereja ini seperti kuil, candi, bahkan juga nampak seperti kubah masjid.

Di sana pengunjung bisa melihat patung Annai Velangkanni atau Maria dari Velangkanni beserta putranya setinggi dua meter, yang dibawa langsung dari India.

4. Wihara Gunung Timur

Wihara terbesar di Medan ini memiliki luas hingga 5.000 meter. Wihara Gunung Timur berada di Jalan Hang Tuah Nomor 16.

Jika datang di tanggal tertentu seperti Imlek atau sembahyang leluhur, pengunjung dapat menyaksikan festival seru nan fotogenik.

Masjid Al Osmani adalah buah tangan arsitek Jerman GD Langereis KOMPAS.com / Mei Leandha Masjid Al Osmani adalah buah tangan arsitek Jerman GD Langereis

5. Masjid Al-Osmani

Masjid Al-Osmani dibangun pada 1854 oleh Raja Deli ke-7, yakni Sultan Osman Perkasa Alam.

Selain menjadi tempat beribadah, masjid ini kerap kali menjadi tempat dalam rangkaperingatan dan perayaan hari besar keagamaan.

6. Gereja Immannuel

Gereja Immanuel merupakan gereja tertua di Medan. Letaknya di Jalan Diponegoro.

Gereja yang dibangun pada tahun 1921 ini masih digunakan untuk kebaktian oleh umat Kristiani, dan menampung sekitar 500 umat Kristiani.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!



Close Ads X