Ini Lokasi Selam Bagi yang Pertama Kali ke TN Komodo

Kompas.com - 31/08/2018, 20:14 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan. KOMPAS/HERU SRI KUMORO Wisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan.

BITUNG, KOMPAS.com - Kawasan Taman Nasional (TN) Komodo memang tidak hanya terkenal dengan binatang langka penunggu pulau-pulau di sana, tetapi juga "surga bawah lautnya" yang luar biasa.

"Kita ada 27 titik selam, tapi yang kita publish hanya 19 aja, dan yang favorit ada sekitar delapan," kata Yitno, Kordinator Diving yang juga Polisi Hutan, TN Komodo kepada KompasTravel di sela perayaan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2018, di Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (30/8/2018).

Kedelapan titik selam tersebut favorit karena memiliki kemudahan penyelaman diantara yang lain, juga lokasi yang lebih mudah dijangkau dari pulau-pulau besar TN Komodo.

Baca juga: Wisatawan, Perhatikan Hal Ini saat Berkunjung ke TN Komodo

Bagi wisatawan yang pertama kali ke TN Komodo untuk diving atau snorkeling, Yitno merekomendasikan tiga titik selam favorit yang wajib dikunjungi pertama kali.

1. Karang Makasar

Titik selam ini memiliki kedalaman 10-30 meter, dengan biota yang amat beragam baik karang maupun ikan-ikan. Salah satu titik yang paling favorit karena kemungkinan berjumpa dengan manta sangat besar.

"Kalau di sini renangnya berarus, tapi kita nggak lawan arus, jadi snorkeling pun ngikut arus aja, nggak deras," katanya kepada KompasTravel di stan pameran TN Komodo.

Baca juga: Mengenal Gili Lawa Taman Nasional Komodo

Ikan yang bisa wisatawan temukan di sini ada reef manta, pari mobula, pari elang, hiu bambu, hiu karang, bumphead, dan ikan hias lainnya.

"Bumphead bisa ditemui mudah di pinggiran saja sekitar 10 meter," ujarnya.

2. Pink Beach

Dari spot pertama ini cukup dekat ke pink beach, hanya sekitar 25 menit dengan speedboat. Pink Beach memang merupakan pantai yang pasirnya terkenal berwarna merah muda karena distorsi cahaya matahari.

Keindahan Pink Beach di Manggarai Barat di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Flores, NTT, Rabu (10/5/2017). Pantai berpasir merah muda merupakan salah satu obyek wisata unggulan di kawasan itu. KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Keindahan Pink Beach di Manggarai Barat di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, Flores, NTT, Rabu (10/5/2017). Pantai berpasir merah muda merupakan salah satu obyek wisata unggulan di kawasan itu.
Namun, pink beach pun punya titik selam yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Di sana wisatawan bisa melihat ikan-ikan karang warna-warni, ikan napoleon, hingga kura-kura hawksbill.

3. Batu Bolong

Titik ketiga ini dikunjungi hampir mayoritas wisatawan yang datang pertama kali ke TN Komodo. Lokasinya diantara Pulau Batu dan Pulau Komodo, sekitar 20 menit dengan speedboat dari Pulau Komodo.

Di titik ini juga bisa dilakukan snorkeling ataupun diving, meski kedalamannya 10-30 meter. Penyelaman di sini pun bisa dilakukan saat pasang surut, karena arusnya tidak terlalu jelas.

Anda bisa bertemu dengan banyak ragam ikan karang, ikan napoleon, tuna gigi anjing, giant travally, hingga penyu sisik. Tutupan karang keras di sini mencapai 75,2 persen, masih tergolong baik kondisinya, dengan warna warni yang cerah.

"Batu bolong masih di Pulau Komodo, ikan dan binatangnya banyak, jadi salah satu yang paling favorit. Semua pasti nyoba ke sana, visibility-nya 15-20 meter," kata Yitno.

Anda bisa membeli paket wisata dari Labuan Bajo menuju ke titik-titik selam tadi. Harga yang ditawarkan travel agent pun sangat beragam, terlebih jika Anda memilih destinasi sendiri, tanpa ikut tur mereka.




Close Ads X