Kompas.com - 06/09/2018, 14:22 WIB
Tarsius di Sulawesi Utara merupakan primata terkecil di dunia. NOVA DIENTarsius di Sulawesi Utara merupakan primata terkecil di dunia.


BITUNG, KOMPAS.com - Berlibur ke Sulawesi Utara, Anda bisa mengunjungi salah satu tempat ekowisata yang menyajikan keasrian alam yakni Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih yang berlokasi di Bitung.

Selain asri, tempat ini juga menjadi rumah bagi berbagai hewan langka.

Tamam Wisata Alam (TWA) Batuputih sebenarnya masuk kawasan Tangkoko, yang sejak zaman Belanda telah dikenal karena kekayaan alam, keanekaragaman flora dan fauna endemik, serta pemandangannya yang indah dan menarik.

Pemerintah Indonesia membagi dua Cagar Alam Tangkoko menjadi TWA Batuputih dan TWA Batuangus pada 1881 karena potensi keindahan alamnya untuk kepentingan ekowisata.

Baca juga: Tips Bertemu Tarsius, Hewan yang Menggemaskan, di Alamnya

Tercatat sejak penetapan oleh Belanda 1818, kawasan ini merupakan rumah bagi satwa monyet hitam sulawesi atau yaki (Macaca nigra), maleo (Macrocephalon maleo), tangkasi (Tarsius spectrum), dan keanekaragaman hayati lainnya.

TWA seluas 515 hektar ini berbatasan dengan Cagar Alam Duasudara di timur dan selatan, Kelurahan Batuputih Bawah di barat, juga Laut Maluku di utara yang jadi salah satu pemandangan primadona.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Potensi wisata

Soal potensi wisata, tidak usah diragukan lagi, TWA ini menyuguhkan pamandangan yang indah dangan adanya pantai dan perairan yang kaya dangan biota laut yang langka.

Anda bisa bertemu bermacam-macam ikan hias yang berwarna-warni serta beragam karang. Keragaman tipe ekosistem dalam kawasan TWA Batuputih memberikan habitat yang beragam pula bagi banyak satwa.

Bagi Anda yang gemar berwisata alam sembari melihat hewan hewan endemik Indonesia, seperti aktivitas birdwatching, di sinilah tempatnya. Bahkan Anda bisa dengan mudah bertemu beberapa jenis hewan langka itu di area kemah.

Suasana Taman Wisata Alam Batu Putih yang berbatasan dengan pantai, Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (30/8/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Suasana Taman Wisata Alam Batu Putih yang berbatasan dengan pantai, Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (30/8/2018).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.