8 Etika di Bandara yang Harus diperhatikan Penumpang - Kompas.com

8 Etika di Bandara yang Harus diperhatikan Penumpang

Kompas.com - 17/09/2018, 11:00 WIB
Fasilitas baru Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dalam rangka Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018).PT Angkasa Pura II Fasilitas baru Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dalam rangka Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara menjadi salah satu tempat umum tersibuk. Khususnya di bandara internasional, penumpang pesawat datang dan pergi selama hampir 24 jam.

Di bandara, penting untuk menerapkan etika agar tidak menggangu orang di sekitar. Berikut ini adalah tujuh etika di bandara yang baiknya dilakukan:

1. Jangan menyela antrean

Jangan pernah menyela antrean di bandara. Sekalipun diburu waktu, mintalah bantuan petugas alih-alih menyela antrean. Untuk itu penting datang lebih awal ke bandara agar tidak perlu terburu-buru dan mengantisipasi antrean panjang.

2. Lepaskan barang sebelum antre pemeriksaan barang

Saat pemeriksaan barang sebelum masuk ruang tunggu pesawat umumnya penumpang diminta melepas jam tangan dan sabuk pinggang. Lepaskan sebelum ikut antrean, melepas barang sesaat sebelum memasukkan mesin pemindai membuat antrean bertambah panjang dan lama.

3. Jangan taruh barang bawaan di kursi tunggu

Kursi tunggu disediakan agar orang yang menunggu penerbangan dapat duduk. Jika ditaruh barang bawaan, akan membuat orang lain kerepotan mencari tempat duduk. Di banyak bandara Indonesia, menaruh barang di kursi tunggu masih sering ditemui.

4. Sebisa mungkin jangan tidur di bandara

Tidur di bandara, entah itu di kursi tunggu atau di lantai dapat menggangu aktivitas orang lain. Tidur di bandara juga mengganggu pemandangan, tetapi tidur di bandara dapat dilakukan jika ada kasus luar biasa seperti penundaan pesawat karena bencana alam.

5. Jangan bawa makanan berbau

Makanan berbau baik itu disantap di bandara maupun di pesawat dapat menggangu kenyamanan penumpang lainnya. Santaplah makanan yang tersedia di bandara.

6. Jangan berbicara terlalu kencang

Baik pada percakapan telepon maupun percakapan langsung. Hindari berbicara dengan suara kencang. Sebab dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain, apalagi di jadwal penerbangan malam dan pagi buta.

7. Jangan bercanda soal bom

Sanski tegas dari denda sampai penjara menanyi bagi yang bercanda soal bom di lingkungan bandara dan di pesawat.

8. Ikuti aturan dan hormati petugas bandara

Ikuti aturan bandara juga maskapai dan hormati petugas bandara. Hindari membuat keributan dengan petugas bandara, karena dapat berujung sanksi hukum dan ditolak terbang oleh pihak maskapai di waktu mendatang.



Close Ads X