Kompas.com - 25/09/2018, 20:19 WIB
Ilustrasi teh olgakrIlustrasi teh

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata teh dan teko teh bisa menjadi investasi berharga fantastis. Namun dengan syarat, tahu varian teh dan teko yang memiliki nilai tinggi.

"Teh yang untuk investasi itu teh pu erh, karena teh ini semakin lama semakin mahal," jelas ahli teh (tea sommelier) Hutomo Joe saat ditemui saat acara workshop dari Siangming Tea dan Kopi Oey, di Kopi Oey Sabang Jakarta, Kamis (25/9/2018).

Teh pu erh dijelaskan oleh Master Teh Suwarni yang juga merupakan ibunda Joe, dapat disimpan sampai usia 50 tahun. Khususnya untuk raw pu erh atau daun teh yang dikeringkan dengan cara tradisional.

Baca juga: Mengenal Teh Adeni Khas Arab dan Cara Membuatnya di Rumah

Semakin lama disimpan, teh pu erh akan memiliki tekstur dan aroma yang semakin dalam. Teh pu erh sendiri dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi penderita kolesterol. 

"Harganya tergantung, kalau di China itu ada yang (bobot) 100 gram harganya Rp 100 juta. Di Indonesia ada yang bobot 350 gram dijual lima sampai Rp 10 juta," jelas Joe.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan harga yang fastatis, Joe mengatakan tidak jarang teh pu erh menjadi koleksi para pecinta teh.

Ilustrasi teh hitamSasaJo Ilustrasi teh hitam

Di China penikmat teh pu erh dengan usia puluhan tahun berarti adalah orang dengan status ekonomi golongan atas. Teh pu erh juga sering menjadi hadiah tanda hormat, biasanya untuk orang yang lebih tua.

Sama halnya dengan teh, teko teh menurut Joe juga dapat menjadi investasi. Biasanya teko teh bernilai tinggi jika dibuat oleh pengrajin teko teh ternama atau dari bahan tanah gunung tertentu.

"Tanah liat itu ada warnanya, sama seperti teh yang ada enam warna. Masing-masing teko teh punya jodoh sendiri dengan teh, yang hanya bisa diketahui setelah proses pembuatan teko. Itulah yang membuat teko teh jadi mahal," kata Joe.

Alhasil harga satu teko teh berukuran kecil bisa berharga Rp 500 juta, tergantung dari bahan, pembuat, dan hasil akhir dari teko tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.