Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2018, 18:14 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Keindahan wisata Yogyakarta ada di mana-mana, mulai dari pantai hingga pegunungan.

Salah satu destinasi wisata adalah Spot Riyadi. Nama itu masih belum lama nge-hits di kalangan traveler dan fotografer karena panorama indah yang tersaji.

Spot Riyadi berada di tengah hamparan pegunungan sebelah timur laut Yogyakarta. Lokasinya tepatnya ada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jarak Spot Riyadi dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 19 kilometer. Jarak tempuhnya adalah kurang-lebih 45 menit. Tidak ada transportasi umum untuk sampai ke sana sehingga perjalanan harus ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Kemegahan Candi Prambanan dari ketinggian

Atraksi wisata utama yang tersaji di Spot Rayadi adalah panorama terbuka di sisi utaranya. Tak hanya hamparan luas terbuka saja, kedua mata juga akan disuguhkan oleh kemegahan Candi Prambanan dari ketinggian.

Panorama Kemegahan Candi Prambanan dari Spot RiyadiKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama Kemegahan Candi Prambanan dari Spot Riyadi

Arsitektur Candi Prambanan tampak begitu megah di antara bangunan dan rumah-rumah masa kini. Perpaduan masa lalu dan masa sekarang seakan bergabung menjadi satu kesatuan dalam sebuah frame besar.

Prambanan bukan menjadi satu-satunya candi yang tampak dari ketinggian. Candi Sojiwan juga seolah tidak mau kalah dalam menghias panorama.

Selain itu jika cuaca cerah, Gunung Merapi yang berdiri kokoh di sisi utara akan tampak begitu gagah. Tampak pula puncaknya yang mengeluarkan asap sebagai salah satu gunung api paling aktif di Indonesia.

Panorama di ujung barat laut juga tak mau kalah dalam menambah keindahan pemandangan. Gunung Sumbing dengan ketinggian 3371 meter di atas permukaan laut (mdpl) tampak begitu kecil di ujung kaki langit barat laut.

Pagi hari di Spot Riyadi

Dini hari menjelang subuh menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke Spot Riyadi. Peralihan gelap menuju terang akan semakin indah dengan kabut tipis yang melayang di antara pepohonan.

Pesona Sunrise di Spot RiyadiKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pesona Sunrise di Spot Riyadi

Keindahan matahari terbit juga dapat disaksikan dari Spot Riyadi. Kecantikannya semakin bertambah dengan Gunung Lawu setinggi 3.265 mdpl yang seolah mendampinginya di ufuk timur.

Panorama dari ketinggian juga semakin unik ketika ada kereta api melintas. Di Spot Riyadi, sang ular besi yang melintas di jalur rel utama Solo-Jogja akan terlihat kecil bagai mainan.

Untuk bisa memotret kemegahan Candi Prambanan dengan baik, dibutuhkan lensa tele dengan panjang fokal sekitar 200mm. Jika dipotret dengan lensa biasa atau melalui layar ponsel, Candi Prambanan akan tampak terlalu kecil.

Spot Riyadi ini berada di pekarangan lahan pribadi milik Bapak Riyadi. Ia juga mendirikan warung yang menjual berbagai makanan dan minuman seperti nasi goreng, mie goreng, gorengan, es teh, dan es jeruk.

Pemandangan Terbuka di Sisi Utara Spot RiyadiKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pemandangan Terbuka di Sisi Utara Spot Riyadi

Destinasi ini menjadi favorit kunjungan wisata karena selain pemandangannya bagus, tarifnya juga murah meriah. Meski berdiri di lahan miliknya, Bapak Riyadi hanya menarik biaya parkir saja.

Sementara jika pengunjung ingin berfoto di spot jembatan cinta, mereka hanya perlu membayar Rp 5.000. Kunjungan paling banyak di Spot Riyadi adalah ketika akhir pekan dan puncaknya saat perayaan malam tahun baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com