Libur Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Bandung Diprediksi Mencapai 80 Persen - Kompas.com

Libur Akhir Tahun, Okupansi Hotel di Bandung Diprediksi Mencapai 80 Persen

Kompas.com - 23/12/2018, 12:15 WIB
Ilustrasi hotelEugeneonline Ilustrasi hotel

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat okupansi (tingkat keterisian kamar) di Kota Bandung, Jawa Barat diprediksi mencapai 80 persen pada libur Natal dan Tahun Baru 2019. Hal itu dinyatakan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Dewan Perwakilan Daerah Jawa Barat, Herman Muchtar.

"Okupansi berkisar sekitar 85-90 persen, tidak akan sampai 100 persen. Apalagi persoalan kemacetan di Bandung. Datang ke Bandung macet bisa sampai tujuh jam," kata Herman saat dihubungi KompasTravel, Sabtu (22/12).

Menurutnya, kamar hotel sudah mulai terisi sejak tanggal 20 Desember karena libur sekolah. Selain itu, ditambah tanggal 24-25 Desember sudah termasuk libur long weekend.

Baca juga: Taman Kardus, Kafe Tematik di Bandung dari Bahan Kardus

"Kalau dilihat libur cukup panjang. cukup bagus okupansinya. Kamar mungkin di satu hotel penuh, tapi yang lain masih ada. Hotel favorit pasti penuh," ujarnya.

Jumlah hotel di Kota Bandung, lanjut Herman, berkisar 475 hotel. Menurutnya kamar hotel yang paling cepat terisi adalah hotel bintang tiga.

"Saya kira tak usah khawatir penuh. Tapi kalau malam minggu, pas long weekend itu bisa penuh. Tanggal 20-31 itu paling 80 persen," tambah Herman.

Ia mengjimbau wisatawan untuk mengecek ketersediaan kamar hotel di situs pemesanan kamar online. Herman juga menganjurkan untuk memesan kamar di luar Kota Bandung atau hotel bintang lima.



Close Ads X