Mengintip 5 Keajaiban Alam Benua Australia - Kompas.com

Mengintip 5 Keajaiban Alam Benua Australia

Kompas.com - 10/01/2019, 17:10 WIB
Three Sisters di Blue Mountains, AustraliaShutterstock Three Sisters di Blue Mountains, Australia

KOMPAS.com – Benua Australia saat ini memang menjadi salah satu tujuan wisata favorit dunia. Banyak wisatawan dari negara-negara di dunia datang ke Australia untuk berlibur, tidak terkecuali Indonesia.

Bagi wisatawan Indonesia, letak Australia yang tidak terlalu jauh menjadikannya salah satu tujuan favorit untuk wisata ke luar negeri. Tak hanya faktor jarak, Australia ternyata juga memiliki keajaiban alam yang memukau.

Berikut ini adalah 7 keajaiban alam yang bisa ditemukan di Negeri Kanguru:

1. Great Barrier Reef

Great Barrier Reef adalah salah satu keajaiban alam dunia dan Situs Warisan Dunia. Laut dengan ekosistem terumbu karang terbesar di dunia ini juga tujuan wisata terbaik dunia menurut AS News & World Report 2016-2017.WWW.CNN.COM Great Barrier Reef adalah salah satu keajaiban alam dunia dan Situs Warisan Dunia. Laut dengan ekosistem terumbu karang terbesar di dunia ini juga tujuan wisata terbaik dunia menurut AS News & World Report 2016-2017.

Membentang seluas 3.000 kilometer lepas pantai Queensland, Great Barrier Reef merupakan terumbu karang terbesar di dunia. Bahkan saking besarnya, terumbu karang ini menjadi satu-satunya makhluk hidup di bumi yang terlihat dari luar angkasa.

Great Barrier Reef tercipta sekitar 25 juta tahun yang lalu. Saat ini terdapat kurang-lebih 400 jenis karang dan 1.500 spesies ikan tropis di sana.

Namun sekarang keberadaannya terancam oleh pemanasan global yang diperparah oleh polusi dan semakin banyaknya turis yang berkunjung kemari.

2. Uluru atau Cadas Ayers

Batu Uluru di Alice Springs, Australia.ABC News/Sally Brooks Batu Uluru di Alice Springs, Australia.

Uluru atau yang dikenal sebagai Cadas Ayers ini memiliki tinggi sekitar 348 meter dengan keliling 9,4 kilometer. Terletak di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, Cadas Ayers ini berwujud sebuah formasi batu yang berukuran besar.

Lokasi batu besar ini adalah sekitar 450 kilometer sebelah barat daya Alice Springs. Pesona Uluru terkenal karena warnanya yang begitu unik, terutama ketika bermandikan cahaya matahari terbit dan terbenam.

Uluru juga merupakan situs suci dan keramat bagi penduduk asli Anangu. Mereka meminta wisatawan untuk tidak naik ke atas monolit batu pasir tersebut.

3. Shark Bay

Shark Bay di Australia.Shutterstock Shark Bay di Australia.

Terletak sekitar 800 kilometer sebelah utara Perth, Shark Bay merupakan Situs Warisan dunia di wilayah Gascoyne. Selain itu, tempat ini juga merupakan titik paling barat Benua Australia.

Shark Bay juga menjadi lokasi bersejarah karena sejarawan menganggapnya sebagai tempat pertama orang Eropa menapakkan kakinya di Benua Australia.

Garis pantai Shark Bay sepanjang 1.500 kilometer berbentuk W ini terdiri dari batu kapur berbatu, bukit pasir, dan tebing. Ada banyak semenanjung dangkal yang menjadi rumah 10.000 dugong, serta banyak spesies terancam punah lainnya seperti lumba-lumba.

4. Air Terjun MacKenzie

Air Terjun MacKenzie di Taman Nasional Grampians, AustraliaShutterstock Air Terjun MacKenzie di Taman Nasional Grampians, Australia

Australia juga memiliki air terjun yang menawan, salah satunya adalah MacKenzie. Air terjun ini adalah yang terbesar di Taman Nasional Grampians. Taman nasional ini juga banyak dihuni oleh kanguru dan banyak pergunungan batu pasir yang menjulang tinggi.

Lokasi Taman Nasional Grampians adalah sekitar 235 kilometer sebelah barat Melbourne. Air Terjun MacKenzie juga terus mengalir sepanjang tahun. Air yang jatuh 30 meter ke ngarai akan mengeluarkan kabut pelangi di bawah sinar matahari.

5. Blue Mountains

Destinasi ini dapat ditempuh sekitar dua jam dari Sydney. Begitu sampai lokasi, kedua mata akan disajikan dengan panorama pepohonan hijau yang membentang luas di sana.

Pada Echo Point di punggungan Great Dividing Range, terdapat formasi batu kapur Three Sisters yang menjulang dari dataran batu pasir dan ngarai sedalam 760 meter. Di sana terdapat berbagai spesies tanaman tertua di dunia seperti pinus Wollemi.



Close Ads X