Kompas.com - 12/01/2019, 14:55 WIB

KOMPAS.com - Setiap negara memiliki kekhasan tersendiri, baik itu adat istiadat, kebiasaan, destinasi wisata, maupun makanan dan minuman.

Setiap negara di berbagai belahan dunia memiliki minuman beralkohol masing-masing. Rasa yang dihadirkan juga berbeda, namun esensinya tetap sama yaitu memberikan efek memabukkan.

Berikut ini delapan minuman beralkohol dari seluruh penjuru dunia yang menjadi minuman khas suatu negara:

1. Baijiu

BaijiuBritannica Baijiu

Tak banyak orang yang tahu tentang minuman ini. Baijiu merupakan minuman yang khas dari China dengan cita rasa yang unik.

Secara harfiah, minuman ini berarti alkohol putih dan dibuat dari sorgum yang merupakan tanaman biji-bijian. Minuman ini memiliki rasa aroma tanah karena difermentasi dalam lubang lumpur dan dimasukkan dalam tembikar. 

Baijiu tidak mengacu pada alkohol tertentu melainkan alkohol berbasis biji-bijian yang diproduksi dengan teknik tradisional China.

Minuman ini memiliki kandungan alkohol lebih dari 50 persen. Orang-orang Eropa atau Amerika tak menyukai minuman ini karena dianggap terlalu keras beserta aromanya.

Baca juga: Mampir ke Desa Bekonang, Sentra Pembuatan Alkohol sejak Zaman Belanda

2. Applejack

 ApplejackBritannica Applejack

Minuman yang paling ikonik di Amerika Serikat adalag Bourbon. Minuman ini telah diakui Kongres AS sebagai produk khas dari AS.

Namun, ada minuman yang lebih tua dari Bourbon, yakni applejack. Minuman ini telah sejak abad ke-17, ketika penjajah Amerika belajar untuk meningkatkan potensi fermentasi sari apel dengan membiarkannya membeku.

Setelah membeku, sari apel itu akan dipisahkan antara cairan dari es yang membuatnya beku. Proses ini disebut jacking. Sari apel ini kemudian dikonsumsi dengan cara diminum.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.