"Flavour Memory", Ketika Kenangan Muncul saat Menyantap Makanan...

Kompas.com - 22/01/2019, 08:04 WIB
Sandwich mi instan.IST Sandwich mi instan.

KOMPAS.com - Sore itu, di Caribou Coffee kami diajak menikmati sajian spesial espresso shaker. Minuman dingin ini terbuat dari perpaduan ekstrak kopi dan creamy milk yang menciptakan rasa manis dan pahit yang seimbang serta menyegarkan.

Sebagai kudapan pendampingnya disajikan dua jenis sandwich yang diberi nama Croque Monsieur dan Triple Sandwich.

Triple Sandwich terbuat dari roti gandum dengan isian tiga jenis keju yaitu red cheddar, mozzarella, dan parmesan. Sementara, Croque Monsieur berisi sayuran yang dicampur dengan daging dan keju. Kedua sandwich ini memiliki cita rasa yang gurih dan cenderung asin.

Namun cita rasa asin yang kuat dari dua sandwich ini akan larut seketika ketika kami kembali meneguk espresso shaker yang manis dan dingin itu.

Tak hanya nikmat di lidah, menikmati susu kopi dan sandwich ini mengingatkan saya pada kejadian beberapa belas tahun silam saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar.

Ilustrasipexels Ilustrasi
Ketika itu jam sudah hampir menunjukkan pukul 06.40 WIB. Tak ada lagi waktu bagi saya untuk menikmati semangkuk sop, nasi putih, dan tempe goreng yang telah disiapkan Ibu saya.

Alhasil, dengan cekatan Ibu mengambil dua bongkah roti, dimasukkanya telur mata sapi dan sayuran seadanya di dalamnya. Kemudian dengan cepat saya menyantapnya begitu lahapnya sembari berusaha berlari menuju sekolah hingga akhirnya tersedak.

Ibu memberi saya segelas susu dingin yang menyegarkan tenggorokan saya dan menghilangkan rasa "enek" usai menyantap sandwich sederhana itu. Teringat momen ini membuat setiap gigitan sandwich dan tegukan espresso shaker saya sore itu begitu nikmat.

Coffee Expert Caribou, Maria Fransis menyebut hal ini sebagai flavour memory. Tak hanya rintik hujan atau musik yang dapat dengan cepat membawa Anda ke memori masa lalu.

Perpaduan dua makanan yang nikmat yang pernah Anda rasakan di masa lalu ternyata akan terekam oleh otak. Kemudian, akan muncul kembali ketika Anda kembali menikmati perpaduan rasa yang mirip, tak harus sama persis.

"Itulah yang disebut flavour memory. Dengan food pairing yang tepat maka kita akan teringat selalu dengan momen saat menikmati makanan tertentu. Inilah pentingnya membahas mengenai food pairing. Bukan hanya soal nikmat makanan di lidah, tapi memori yang tak terlupakan dengan menyantap makanan itu," ujarnya.

Selera seseorang tentunya juga sangat mempengaruhi cara seseorang tersebut menyandingkan makanan yang satu dengan yang lain, atau makanan dengan minuman tertentu.

Namun dengan mempelajari dasar-dasar food pairing, Anda dapat membuat makan yang merupakan aktivitas biasa menjadi sangat berkesan.

 




Close Ads X