4 Tips Mengunjungi Perahu Awan di Jurang Tembelan Yogyakarta

Kompas.com - 25/01/2019, 09:00 WIB
Perahu awan di Jurang Tembelan, Yogyakarta. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPerahu awan di Jurang Tembelan, Yogyakarta.

BANTUL, KOMPAS.com Jurang Tembelan yang berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta menawarkan panorama spektakuler.

Salah satu yang dinanti banyak orang adalah kombinasi antara spot foto berbentuk perahu dengan sungai kabut. Melalui sudut pemotretan yang pas, hasil foto seolah sedang berlayar menggunakan perahu mengarungi lautan awan.

Jika ingin sukses mengabadikan momen di atas perahu awan, berikut ini adalah tips yang bisa Anda coba.

1. Berangkat pagi hari

Saat musim hujan antara Bulan Februari hingga Mei, biasanya langit sudah mulai terang sekitar pukul 05.15 WIB. Oleh karena itu, usahakan untuk sampai Jurang Tembelan antara 05.15 WIB - 05.30 WIB.

Jika kesiangan, kabut akan semakin naik. Semakin tinggi matahari yang semakin panas akan membuat kabut semakin meninggi. Kabut yang semula berada di dasar lembah perlahan akan naik.

Baca juga: Asyiknya Terbang Naik Perahu di Langit Wonogiri

Biasanya kabut mulai naik pukul 06.30 WIB. Semakin siang, biasanya lokasi spot perahu di Jurang Tembelan akan diselimuti kabut yang naik.

2. Datang weekdays

Jika datang ketika hari libur atau akhir pekan, biasanya pengunjung harus mengantre untuk mendapat giliran berfoto di spot perahu. Waktu pun menjadi terbuang karena harus menunggu giliran.

Antrean seperti itu bisa dihindari ketika weekdays saat orang-orang tidak pergi untuk berlibur. Ketika berkunjung saat hari kerja, kemungkinan besar spot foto bisa langsung digunakan sepuasnya.

3. Perhatikan kondisi cuaca

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X