Asyiknya "Terbang" Naik Perahu di Langit Wonogiri

Kompas.com - 18/01/2019, 21:10 WIB
Spot Perahu di Menara Pandang Soko Gunung, Wonogiri. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaSpot Perahu di Menara Pandang Soko Gunung, Wonogiri.

WONOGIRI, KOMPAS.com – Destinasi wisata yang ada di kawasan perbukitan atau pergunungan biasanya menjadi tujuan masyarakat berlibur. Apalagi alasannya kalau bukan karena panorama yang menawan dari ketinggian?

Destinasi wisata perbukitan ada di Kabupaten Wonogiri. Daerah yang namanya terdiri dari dua kata, yakni Wono (Wana) berarti hutan dan Giri berarti Gunung ini sebagian wilayahnya memang terdiri dari kawasan perbukitan.

Baca juga: Menikmati Keindahan Hamparan Perbukitan di Gunung Besek, Wonogiri

Ketika hari libur, destinasi wisata di kawasan perbukitan Kabupaten Wonogiri bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Menara Pandang Soko Gunung yang jaraknya dari Kota Wonogiri hanya sekitar 9,6 kilometer.

Destinasi wisata ini berada di deretan bukit yang menjulang di sisi barat Kota Wonogiri. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang-lebih 22 menit. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalannya yang menanjak terjal.

Tanjakan terjal pertama akan ditemui menjelang loket retribusi untuk tiga obyek wisata, yakni Watu Cenik, Puncak Joglo, dan Soko Gunung. Untuk ke Watu Cenik, tanjakan terjal sudah tidak ada, tetapi tidak dengan dua destinasi lainnya.

Selanjutnya tanjakan terjal sudah menanti di depan jika tujuannya adalah Puncak Joglo atau Soko Gunung. Tidak jarang kendaraan pengunjung tidak kuat menanjak, terutama mereka yang naik motor berboncengan.

Baca juga: Watu Cenik, Spot Asyik Menikmati Wonogiri dari Ketinggian

Jika tidak kuat menanjak, maka salah satu harus turun dan berjalan kaki sampai ujung tanjakan. Jalan menanjak sudah berakhir ketika sampai pertigaan menuju Puncak Joglo dan Soko Gunung.

Jalan menuju Soko Gunung selanjutnya memang masih menanjak, tetapi kemiringannya tidak lagi menjadi-jadi seperti saat menuju pertigaan tersebut. Kondisi jalan juga masih jalan desa dari semen.

Pendakian Singkat Menuju Menara Pandang

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X