Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2019, 21:10 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com – Destinasi wisata yang ada di kawasan perbukitan atau pergunungan biasanya menjadi tujuan masyarakat berlibur. Apalagi alasannya kalau bukan karena panorama yang menawan dari ketinggian?

Destinasi wisata perbukitan ada di Kabupaten Wonogiri. Daerah yang namanya terdiri dari dua kata, yakni Wono (Wana) berarti hutan dan Giri berarti Gunung ini sebagian wilayahnya memang terdiri dari kawasan perbukitan.

Baca juga: Menikmati Keindahan Hamparan Perbukitan di Gunung Besek, Wonogiri

Ketika hari libur, destinasi wisata di kawasan perbukitan Kabupaten Wonogiri bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Menara Pandang Soko Gunung yang jaraknya dari Kota Wonogiri hanya sekitar 9,6 kilometer.

Destinasi wisata ini berada di deretan bukit yang menjulang di sisi barat Kota Wonogiri. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang-lebih 22 menit. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalannya yang menanjak terjal.

Tanjakan terjal pertama akan ditemui menjelang loket retribusi untuk tiga obyek wisata, yakni Watu Cenik, Puncak Joglo, dan Soko Gunung. Untuk ke Watu Cenik, tanjakan terjal sudah tidak ada, tetapi tidak dengan dua destinasi lainnya.

Selanjutnya tanjakan terjal sudah menanti di depan jika tujuannya adalah Puncak Joglo atau Soko Gunung. Tidak jarang kendaraan pengunjung tidak kuat menanjak, terutama mereka yang naik motor berboncengan.

Baca juga: Watu Cenik, Spot Asyik Menikmati Wonogiri dari Ketinggian

Jika tidak kuat menanjak, maka salah satu harus turun dan berjalan kaki sampai ujung tanjakan. Jalan menanjak sudah berakhir ketika sampai pertigaan menuju Puncak Joglo dan Soko Gunung.

Jalan menuju Soko Gunung selanjutnya memang masih menanjak, tetapi kemiringannya tidak lagi menjadi-jadi seperti saat menuju pertigaan tersebut. Kondisi jalan juga masih jalan desa dari semen.

Pendakian Singkat Menuju Menara Pandang

Sesampainya di area parkir, perjalanan menuju Soko Gunung harus dilakukan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak. Jalur menuju puncak bukit cukup menanjak sehingga mirip pendakian gunung.

Namun, untuk sampai puncak bukit tidaklah jauh. Sekitar 5-10 menit, perjalanan sampai di puncak bukit yang merupakan pertigaan menuju menara pandang 1 dan 2.

Perjalanan menuju Menara Pandang Soko Gunung, WonogiriKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perjalanan menuju Menara Pandang Soko Gunung, Wonogiri

Jalan menanjak masih harus dilalui jika ingin mencapai kedua menara pandang itu. Namun di pertigaan, panorama terbuka ke arah utara sudah terlihat. Di sini pun telah disediakan spot foto dengan pemandangan itu.

Selanjutnya tinggal pilih, apakah ingin menuju menara pandang 1 atau 2. Menara pandang itu berada di sisi barat dan timur. 

Menara Pandang Sebelah Barat

Untuk menuju menara pandang ini, perjalanan dilanjutkan ke arah barat (kiri) dari pertigaan. Sedikit tanjakan harus dilalui sebelum sampai. Tak lama kemudian perjalanan pun sampai di menara pandang yang terbuat dari bambu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com