Selain Pempek, 5 Makanan Ini Wajib Anda Coba Saat Kunjungi Palembang

Kompas.com - 28/01/2019, 12:26 WIB
Pempek Palembang yang jadi favorit pengunjung di Ramadhan Night Market, The Ritz-Carlton Jakarta, Mega KuninganKOMPAS.com/Mentari Chairunisa Pempek Palembang yang jadi favorit pengunjung di Ramadhan Night Market, The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

PALEMBANG, KOMPAS.com - Pempek, makanan yang selalu identik dengan ibu kota Sumatera Selatan, Palembang.

Penganan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan dicampur dengan tepung kanji dan berbagai macam bumbu yang dihaluskan ini menjadi telah oleh-oleh wajib saat menyambangi Kota Palembang.

Namun tak hanya pekmpek, ada banyak makanan khas Palembang lainnya yang tak kalah nikmat dan wajib Anda coba saat menyambangi kota yang kerap disebut Bumi Sriwijaya ini. Berikut lima di antaranya.

1. Martabak Har

Martabak Har, salah satu makanan khas Palembang, Sumatera Selatan.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Martabak Har, salah satu makanan khas Palembang, Sumatera Selatan.

Martabak HAR alias martabak Haji Abdul Rozak. Martabak ini cukup terkenal di Palembang.

Berbeda dari martabak telur pada umumnya, martabak Har biasa dinikmati dengan kuah kari khas India.

Kuah kari ditambahkan dalam penyajian martabak karana pembuat martabak Har, Haji Abdul Rozaq merupakan warga negara India yang merantau ke wilayah Palembang.

Tak hanya martabak isi telur, martabak Har juga menyajikan menu lain seperti martabak sayur yang dibandrol dengan harga mulai Rp 20.000.

2. Sambal Tempoyak


Tempoyak, salah satu makanan khas Palembang, Sumatera SelatanKompas.com/SHERLY PUSPITA Tempoyak, salah satu makanan khas Palembang, Sumatera Selatan

Tempoyak merupakan salah satu makanan yang terbilang unik di Palembang.

Sambal tempoyak terbuat dari fermentasi durian yang memiliki cita rasa asam dan pedas. Tak hanya rasanya, aroma durian yang menyengat juga jadi hal menarik dari menu ini.

Biasanya tempoyak dimakan dengan ikan patin atau lauk lainnya.

3. Model

Model, salah satu makanan khas Palembang, Sumatera SelatanKompas.com/SHERLY PUSPITA Model, salah satu makanan khas Palembang, Sumatera Selatan

Bahan pembuatan model tak jauh berbeda dengan pempek. Hanya saja model merupakan menu berkuah bening yang nikmat disantap saat masih hangat.

Kuah model merupakan percampuran udang, bawang merah dan putih, daun seledri, daun sedap malam, jamur kuping, dan merica.

Menu ini biasanya juga tersedia di kedai-kedai yang menjual pempek.

4. Mie Celor

Mie celor merupakan makanan olahan mi yang disajikan dengam kuah santan dan kaldu ebi. Kemudian di atas mi ditaburkan taoge, seledri, dan daun bawang.

Rasa gurih santan yang berpadu dengan rasa pedas membuat hidangan ini begitu nikmat.

Menu ini mudah ditemui di sejumlah kedai di Palembang.

5. Laksan

Laksan merupakan salah satu olahan pekmpek. Bahan baku pembuatan laksan adalah sagu dan ikan. Kemudian adonan sagu dan ikan ini dibentuk oval kemudian direbus.

Berbeda dengan pempek atau model, laksan disajikan dengan kuah santan berwarna merah kekuningan.

Selain lima menu di atas masih banyak makanan khas Palembang selain pempek yang harus Anda coba.

Itulah yang membuat Palembang layak Anda jadikan sebagai destinasi wisata kuliner.




Close Ads X