5 Tips Berburu Foto di Pasar Lama Tangerang

Kompas.com - 31/01/2019, 08:03 WIB
Pasar Lama, Tangerang, Banten, dikenal sebagai kawasan yang sarat nilai historis sekaligus destinasi wisata kuliner. KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANPasar Lama, Tangerang, Banten, dikenal sebagai kawasan yang sarat nilai historis sekaligus destinasi wisata kuliner.

TANGERANG, KOMPAS.com -  Pasar Lama ibarat tempat yang wajib Anda kunjungi ketika bepergian ke Tangerang, Banten. Kawasan yang sarat nilai historis ini selalu berdenyut, dari pagi hingga malam.

Kebanyakan orang mengunjungi Pasar Lama untuk menjajal wisata kuliner. Akan tetapi, ramainya kawasan ini juga memikat bagi Anda yang menggemari street photography.

Ada berbagai macam objek yang bisa Anda tangkap di sini, sesuai kreativitas. Anda dapat membidik hiruk-pikuk suasana Pasar Lama, kesibukan para pedagang, sampai para penjala ikan di Sungai Cisadane di sisi barat pasar.

Berikut KompasTravel merangkum sejumlah tips bagi Anda yang ingin berburu potret di Pasar Lama:

1. Datang sejak Pagi

Terdapat begitu banyak momen yang sayang Anda lewatkan. Di pagi hari, transaksi di pasar sedang pada puncaknya. Berbagai jenis komoditas, mulai dari sayuran, buah-buahan, sampai ikan berderet sepanjang gang.

Momen ini tentu begitu menarik untuk dibidik. Akan tetapi, jangan sampai mengganggu arus orang-orang berbelanja di gang yang cukup sempit itu.

2. Mengunjungi Kelenteng Boen Tek Bio

Kelenteng Boen Tek Bio terletak pada gang yang sama dengan pasar. Kelenteng ini pun bertetangga dengan Wihara Padumuttara.

Kelenteng ini selalu dikunjungi jemaat setiap hari, meskipun tidak begitu ramai. Berbeda dengan acara misa di hari Minggu atau salat Jumat, kebanyakan jemaat berkunjung ke Boen Tek Bio dalam kelompok kecil di waktu yang tidak menentu.

Suasana di Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama, Tangerang, Banten.SHUTTERSTOCK Suasana di Klenteng Boen Tek Bio, Pasar Lama, Tangerang, Banten.
Di sini, Anda tidak diperkenankan masuk ke dalam ruangan kelenteng. Oleh karena itu, pastikan Anda membawa lensa yang mumpuni untuk meneropong jarak jauh.

3. Memotret Bantaran Sungai Cisadane pada Siang Hari

Selepas tengah hari, aktivitas jual beli di pasar sudah berkurang drastis. Jika Anda sudah cukup puas mengambil foto di pasar dan kelenteng, cobalah berpindah ke bantaran Sungai Cisadane.

Sungai Cisadane dekat Pasar Lama, Tangerang. Sungai ini masih kerap digunakan nelayan untuk mencari ikan.KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN Sungai Cisadane dekat Pasar Lama, Tangerang. Sungai ini masih kerap digunakan nelayan untuk mencari ikan.
Sungai Cisadane masih kerap dimanfaatkan para nelayan untuk menjaring ikan. Beberapa anak pun sering bermain dan berlarian di tepinya. Selain itu, terik siang yang memantul di permukaan sungai juga menciptakan efek kerlip yang bagus untuk dipotret.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X