Saat di Yogya, Ini 4 Destinasi Wisata Alam yang Bisa Dikunjungi

Kompas.com - 13/02/2019, 21:33 WIB
Puncak SuroloyoSitus Dinas Pariwisata DIY Puncak Suroloyo

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat untuk berwisata dengan kerabat atau orang terdekat.

Kota yang masih kental dengan budaya Jawa ini, tak pernah sepi didatangi wisatawan, apalagi ketika akhir pekan dan masa liburan.

Kota yang punya Jalan Malioboro sebagai lokasi khasnya ini, ternyata juga menyimpan beberapa tempat wisata lain yang tak kalah menarik.

Di sisi barat Kota Yogyakarta, terdapat Kabupaten Kulon Progo yang menyimpan pemandangan alam begitu menawan. Apa saja destinasi wisata di daerah ini? Berikut ulasannya:

1. Desa Wisata Banjaroya

Desa Wisata BanjaroyaSitus Dinas Pariwisata DIY Desa Wisata Banjaroya
Desa wisata ini terletak di lereng perbukitan Menoreh, masuk dalam wilayah Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata ini berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Dilansir dari situs resmi Dinas Pariwisata DIY, desa wisata ini memberikan fasilitas kepada wisatawan yang ingin menikmati keindahan perbukitan Menoreh sekaligus belajar untuk tinggal dan berbaur dengan masyarakat desa setempat.

Masyarakat dapat mengikuti aktivitas warga, bertani, acara adat, menikmati pertunjukan seni lokal, kuliner lokal, tracking, hingga hiking mengelilingi desa.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati obyek-obyek wisata di wilayah sekitar desa, seperti Embung Banjaroya, Bendung Ancol, Goa Maria Sendangsono, dan wisata religi ke Makam Kyai Krapyak.

Apabila musim durian tiba, wisatawan dapat mengunjungi festival Durian Menoreh. Durian Banjaroya atau Durian Menoreh mempunyai aroma yang kuat, daging buahnya tebal, dan rasanya terkenal enak.

Durian Menoreh sendiri terdiri dari dua varietas unggulan, yaitu Durian Menoreh Jambon dan Durian Menoreh Kuning.

Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas perkebunan dan hasil perkebunan dengan belajar membuat gula aren, coklat, kopi, hingga membuat jamu.

Baca juga: Pasar Durian Banjaroya Bisa Ditemui di Jalur Alternatif Jogja-Magelang

2. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh NglinggoSitus Dinas Pariwisata DIY Kebun Teh Nglinggo
Terletak 35 kilometer sebelah barat dari Kota Yogyakarta, Anda dapat menikmati bentangan hijau Kebun Teh Nglinggo.

Kebun teh ini masuk dalam wilayah dua desa, yaitu Desa Ngargosari dan Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

Suasana kebun teh sangat damai dan sunyi, sehingga menciptakan ketenangan jiwa melepaskan penat kesibukan sehari-hari.

Penduduk di sekitar juga begitu ramah, bahkan petani teh juga bersedia mengajari cara memetik teh.

Page:



Close Ads X