Kompas.com - 06/04/2019, 13:02 WIB
Lautan Bertabur Bintang di Maladewa. ShutterstockLautan Bertabur Bintang di Maladewa.

KOMPAS.com – Pantai pasir putih dengan air laut yang biru jernih, resor kelas dunia, serta panorama nan spektakuler menjadi tiga hal yang dimiliki oleh Maladewa. Tak heran jika negara ini pun menjadi tujuan wisata favorit dunia karena keindahannya.

Namun, Maladewa masih memiliki keindahan fenomena alam yang spektakuler lainnya. Jika biasanya bintang bertaburan di langit, Maladewa memiliki “lautan bertabur bintang” yang bercahaya dan berkilauan.

Bisa dibayangkan bagaimana suasana malam dengan hamparan bintang di atas pantai yang terlihat bagaikan berlian dengan garis samar Bima Sakti-nya. Keindahan itu pun semakin menyatu dengan kilauan kebiruan pada air laut yang menyentuh pantai.

Apa sebenarnya “Lautan Bertabur Bintang” itu?

Di antara pulau-pulau, terumbu karang, dan ikan tropis di Maladewa, ternyata terdapat miliaran mikroorganisme seperti dinoflagellata yang merukapan jenis fitoplankton. Satu hal yang memberdakan mereka dari organisme lain adalah kemampuannya untuk menghasilkan cahaya.

Stres karena arus laut dan gelombang membuat para plankton memancarkan cahaya atau bioluminesensi sebagai mekanisme pertahanan mereka. Cara ini mirip dengan beberapa jenis kunang-kunang.

Cahaya para plankton ini berwarna biru-neon listrik. Cahayanya akan memancar lebih jauh ketika gelombang pecah. Ini juga merupakan fenomena alam yang paling langka yang bisa dinikmati di Maladewa.

Waktu dan tempat menyaksikan “Lautan Bertabur Bintang”

Fenomena “Lautan Bertabur Bintang” tergantung pada beberapa faktor, seperti iklim tahunan dan pertumbuhan plankton bercahaya. Tidak ada yang tahu dan bisa memprediksi kapan fenomena alam ini akan terjadi.

Lautan yang Menyala karena Plankton yang Bercahaya.Shutterstock Lautan yang Menyala karena Plankton yang Bercahaya.

Biasanya, salah satu tempat paling terkenal untuk menyaksikan fenomena alam ini adalah di Pulau Vaadhoo di Raa Atoll. Namun fenomena ini juga bisa terjadi di salah satu dari 1.200 pulau lain di Maladewa ketika kondisinya memungkinkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X