Kompas.com - 07/05/2019, 15:10 WIB

KOMPAS.com – Sudahkah Anda merencanakan perjalanan mudik? Saat melakukan perjalanan mudik, jangan lupa mampir di kedai-kedai makanan sekitar untuk menikmati makanan khas.

Dikutip dari buku Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa yang disusun oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan pihak-pihak terkait, berikut 6 kedai makanan rekomendasi di sekitar Semarang, Salatiga, dan Solo.

1. Sate dan Gule Kambing 29

Restoran legendaris ini sudah buka sejak tahun 1945 di kota Semarang. Aneka olahan daging kambing seperti sate, gule, dan sumsum menjadi menu utama rumah makan yang selalu ramai pengunjung ini.

Kedai Sate dan Gule Kambing 29 ini terletak di Jalan Letjen Suprapto nomor 29, Purwodinatan, Semarang, Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor  (024) 3549692.

Mangut welut di Warung Nasimah, Semarang.Dokumentasi Kemenhub Mangut welut di Warung Nasimah, Semarang.

2. Mangut Welut

Welut dalam bahasa Jawa berarti belut. Menu mangut welut adalah menu idola di Warung Nasimah. Cita rasa yang pas dengan adonan bumbu mangut belut menjadi primadona di antara menu yang lain.

Untuk bisa menyantap mangut welut ini, pengunjung merogoh kocek Rp 15.000 per porsi. Biasanya perporsi berisi 6 potong belut berukuran sekitar 5 cm.

Anda dapat menikmati menu mangut welut di kedai makanan yang berlokasi di Jalan Kyai Saleh nomor 1, Randusari, Semarang Selatan, Semarang. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubugi nomor telepon 081390377187.

Sate Kambing Muda Pak Masyhudi Blotongan di Salatiga, Jawa TengahDokumentasi Kemenhub Sate Kambing Muda Pak Masyhudi Blotongan di Salatiga, Jawa Tengah

3. Sate Kambing Muda Pak Masyhudi Blotongan

Resep rahasia olahan daking kambing di kedai makan ini terletak pada daging kambing yang digunakan. Kedai makan ini menggunakan daging kambing muda atau yang berumur di bawah satu tahun sehingga dagingnya terasa lebih empuk dan nikmat.

Kedai Sate Kambing Muda Pak Masyhudi Blotongan terletak di Jalan Fatmawati nomor 898, Blotongan, Sidorejo, Salatiga. Kedai makan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

4.  Wedang Ronde Jago Salatiga

Ronde Sekoteng konon memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan lambung dan daya tahan tubuh karena kuahnya terbuat dari air jahe. Selain itu sajian hangat dari ronde sekoteng juga sangat pas dinikmati terutama menjelang malam di Salatiga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.