Kapan Waktu Terbaik Membeli Tiket Bus untuk Mudik?

Kompas.com - 10/05/2019, 08:10 WIB
Armada Mudik Lebaran bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa (5/6/2018) STANLY RAVEL Armada Mudik Lebaran bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa (5/6/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket pesawat dan kereta api untuk mudik Lebaran sudah banyak diburu calon pemudik, tak terkecuali tiket bus. Namun proses membeli tiket bus untuk mudik terbilang berbeda dengan proses membeli tiket pesawat atau kereta api.

"Membeli tiket bus ini berbeda dengan tiket kereta api yang sudah bisa dibeli tiga bulan sebelum atau tiket pesawat yang bisa dibeli satu bulan sebelum," jelas pemerhati transportasi bus, AM Fikri saat dihubungi KompasTravel, Kamis (9/5/2019).

Oleh karena sistem pemesanan tiket bus belum sepenuhnya terkoneksi sistem online, maka ketersediaan tiket bus untuk mudik bergantung pada pengumuman setiap Perusahaan Otobus (PO).

"Jadi tiket bus untuk mudik ini bisa dibeli saat perusahaan bus mengumumkan. Rata-rata perusahaan mengumumkan lewat media sosial Facebook," jelas Fikri.

Baca juga: Serunya Menjajal Bus Trans Jawa Perdana

Satu sampai dua pekan sebelum Ramadhan menurut Fikri sudah banyak PO yang mengumumkan penjualan tiket bus. 

Tiket bus untuk mudik ini lantas dapat dibeli di berbagai agen penjualan tiket yang kini tersedia lewat agen perjalanan online, e-commerce, aplikasi android, atau agen penjualan tiket konvensional.

Jadi saran Fikri untuk mengetahui waktu pembelian tiket mudik lebaran, cari tahu terlebih dahulu bus yang melayani rute tujuan lewat internet, kemudian teliti fasilitas dan harganya, ikuti media sosial PO, dan terakhir pesan tiket bus mudik Lebaran dari perusahaan bus yang diinginkan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X