6 Aktivitas Wisata di Karimunjawa Selain Snorkeling dan Diving

Kompas.com - 23/05/2019, 19:07 WIB
Wisatawan berdatangan ke Karimunjawa. TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWANWisatawan berdatangan ke Karimunjawa.

KOMPAS.com -   Karimunjawa merupakan kawasan yang cukup terkenal dengan pesona baharinya. Aktifitas snorkeling dan keliling pulau dengan perahu menjadi hal yang kerap dilakukan wisatawan jika berkunjung ke Pulau ini.

Namun selain snorkeling, dan melakukan tur laut, ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Karimunjawa.

Berikut KompasTravel mencoba merangkum diantaranya:

1. Menelusur lebatnya hutan mangrove

Hutan Bakau KarimunjawaKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Hutan Bakau Karimunjawa
Karimunjawa memiliki kawasan hutan mangrove yang memiliki luas sebesar 222,2 hektar dan terdiri dari beragam jenis bakau. Saat Anda masuk ke dalam area hutan mangrove, Anda akan menapaki jalan-jalan yang terbuat dari papan kayu.

Suasana makin terasa mengasyikkan lantaran Hutan Mangrove Karimunjawa yang rimbun. Sepanjang perjalanan, Anda akan mendengar suara burung-burung yang berkicau.

Panjang jalur trekking Hutan Mangrove Karimunjawa adalah sepanjang 1,3 Km. Nantinya, setelah mencapai jarak 700 meter, pengunjung akan menemukan gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat luasnya hutan mangrove dari ketinggian.

Dari gardu pandang ini, pengunjung bisa pula melihat Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, juga Pulau Menyawakan.

2. Melihat tasbih raksasa di Bukit Joko Tuwo

Tasbih Raksasa di Bukit Joko TuwoTribun Jateng Tasbih Raksasa di Bukit Joko Tuwo
Jika Anda melakukan wisata darat selama di Karimunjawa, cobalah untuk mendatangi Bukit Joko Tuwo. Bukit ini berada di ketinggian sehingga dari atas bukit, Anda bisa melihat alam Karimunjawa yang terbentang cantik dilihat dari ketinggian.

Menariknya, di bukit ini juga terdapat batu-batu besar dan bulat yang dirangkai menggunakan tali. Batu-batu bulat ini terlihat seperti tasbih raksasa ketika dilihat dari atas tempat yang agak tinggi.

Selain Tasbih Raksasa, Anda juga bisa melihat Rangka Ikan Paus yang dinamakan Joko Tuwo, disimpan di sebuah rumah di atas bukit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X