6 Aktivitas Wisata di Karimunjawa Selain Snorkeling dan Diving

Kompas.com - 23/05/2019, 19:07 WIB
Wisatawan berdatangan ke Karimunjawa.TRIBUN JATENG/M SYOFRI KURNIAWAN Wisatawan berdatangan ke Karimunjawa.

KOMPAS.com -   Karimunjawa merupakan kawasan yang cukup terkenal dengan pesona baharinya. Aktifitas snorkeling dan keliling pulau dengan perahu menjadi hal yang kerap dilakukan wisatawan jika berkunjung ke Pulau ini.

Namun selain snorkeling, dan melakukan tur laut, ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Karimunjawa.

Berikut KompasTravel mencoba merangkum diantaranya:

1. Menelusur lebatnya hutan mangrove

Hutan Bakau KarimunjawaKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Hutan Bakau Karimunjawa
Karimunjawa memiliki kawasan hutan mangrove yang memiliki luas sebesar 222,2 hektar dan terdiri dari beragam jenis bakau. Saat Anda masuk ke dalam area hutan mangrove, Anda akan menapaki jalan-jalan yang terbuat dari papan kayu.

Suasana makin terasa mengasyikkan lantaran Hutan Mangrove Karimunjawa yang rimbun. Sepanjang perjalanan, Anda akan mendengar suara burung-burung yang berkicau.

Panjang jalur trekking Hutan Mangrove Karimunjawa adalah sepanjang 1,3 Km. Nantinya, setelah mencapai jarak 700 meter, pengunjung akan menemukan gardu pandang yang bisa digunakan untuk melihat luasnya hutan mangrove dari ketinggian.

Dari gardu pandang ini, pengunjung bisa pula melihat Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, juga Pulau Menyawakan.

2. Melihat tasbih raksasa di Bukit Joko Tuwo

Tasbih Raksasa di Bukit Joko TuwoTribun Jateng Tasbih Raksasa di Bukit Joko Tuwo
Jika Anda melakukan wisata darat selama di Karimunjawa, cobalah untuk mendatangi Bukit Joko Tuwo. Bukit ini berada di ketinggian sehingga dari atas bukit, Anda bisa melihat alam Karimunjawa yang terbentang cantik dilihat dari ketinggian.

Menariknya, di bukit ini juga terdapat batu-batu besar dan bulat yang dirangkai menggunakan tali. Batu-batu bulat ini terlihat seperti tasbih raksasa ketika dilihat dari atas tempat yang agak tinggi.

Selain Tasbih Raksasa, Anda juga bisa melihat Rangka Ikan Paus yang dinamakan Joko Tuwo, disimpan di sebuah rumah di atas bukit.

3. Berswafoto di atas spot ikonik Bukit Love

Bukit cinta di Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah.KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Bukit cinta di Pulau Karimunjawa, Jawa Tengah.
Karimunjawa memiliki spot menarik dan ikonik untuk berfoto, yakni di Bukit Love. Di tempat ini, wisatawan bisa mengambil foto dengan background tulisan Love maupun tulisan Karimunjawa serta tersedia gazebo-gazebo untuk menikmati pemandangan

Lantaran lokasi di ketinggian, dari Bukit ini, wisatawan juga bisa melihat pemandangan birunya lautan serta pulau-pulau sekitar.

4. Menikmati ketenangan di Legon Lele

Pantai Legon LeleKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pantai Legon Lele
Jika Anda ke Karimunjawa, datanglah ke Pantai Legon Lele. Pantai ini suasananya sepi dan tenang. Berada di sini wisatawan akan disuguhi pemandangan hutan bakau, dan rimbunnya pepohonan di sekitar bukit Legon Lele

Pantai Legon Lele ciri khasnya adalah adanya penampakan kapal karam yang berdiri di atas pasir putih pantai. Pantai ini juga cukup menarik untuk melihat momen matahari terbit.

5. Mendatangi putihnya Pantai Nyamplung Ragas

Pantai Nyamplung RagasKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pantai Nyamplung Ragas
Nyamplung Ragas merupakan pantai berpasir putih yang cukup luas. Pantainya terlihat bersih dengan air laut yang bening. Sekitar pantai ini, pohon-pohon kelapa berdiri berjajar menambah kecantikan pantai.

Dari Pantai Nyamplung Ragas, pengunjung bisa melihat Pulau Batu yang seolah terlihat dekat dari pantai ini.

6. Menikmati kuliner malam di alun-alun

Penjual seafood di Alun-alun KarimunjawaTribun Jateng Penjual seafood di Alun-alun Karimunjawa
Alun-alun Karimunjawa menjadi lokasi strategis untuk berburu kuliner malam selama di Karimunjawa.

Di sini, wisatawan bisa menikmati berbagai olahan seafood yang banyak dijajakan oleh para pedagang.




Close Ads X