Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2019, 13:02 WIB
Labib Zamani,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Taman Balekambang merupakan salah satu tempat destinasi wisata di Solo, Jawa Tengah. Taman ini terletak di Jalan Balekambang No 1, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Tidak sulit untuk menemukan taman peninggalan Raja Istana Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegoro VII. Karena lokasinya tak jauh dari pusat kota atau tepatnya berada di utara Stadion Manahan.

Baca juga: Mudik ke Solo, Kunjungi Mural Flyover Manahan yang Instagramable

Awalnya, taman ini sebagai tempat bersantainya para keluarga dan kerabat Istana Pura Mangkunegaran. Dibangun sekitar tahun 1921. Kemudian dibuka untuk masyarakat umum pada era KGPAA Mangkunegoro VIII.

Taman Balekambang pernah mengalami revitalisasi sekitar tahun 2008, era pemerintahan Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Pilihan Wisata Gratis Sekitar Solo, Menyambangi Kandang Kebo Bule

Setelah itu, taman yang memiliki area seluas 9,8 hektar dimultifungsikan sebagai taman seni dan budaya, taman botani, taman edukasi dan tempat rekreasi. Cocok sebagai tujuan wisata keluarga.

Taman Kelinci di Balekambang Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Taman Kelinci di Balekambang Solo, Jawa Tengah.
Taman Balekambang buka setiap hari, mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam berupa pepohonan yang menjulang tinggi, membuat suasana berwisata Anda terasa lebih sejuk.

Baca juga: Mudik ke Solo, Jangan Lewatkan Naik Kereta Uap Kuno Jaladara

Pengunjung juga dapat mencoba wahana permainan yang ada di taman yang difungsikan sebagai paru-paru kota. Wahana permainan itu antara lain, kolam keceh, taman kelinci, taman air, area outbond, dan mancing candak colke (MCC).

1. Kolam Keceh

Untuk menikmati wahana Kolam Keceh pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Wahana dengan konsep mini waterboom ini diperuntukkan khusus bagi usia anak-anak.

Kolam Keceh di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Kolam Keceh di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.
Kolam Keceh memiliki kedalaman sekitar 20 sentimeter. Di sekitar kolam ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana permainan anak, seperti prosotan, ayunan, jungkitan, dan lain sebagainya.

2. Taman Kelinci

Taman Kelinci merupakan wahana baru di Taman Balekambang. Taman ini cocok bagi orangtua yang ingin mengajarkan anak-anaknya tentang menyayangi hewan peliharaan. Tiket masuk taman kelinci hanya Rp 5.000 per orang.

3. Naik Perahu

Taman Balekambang dilengkapi Taman Partini Tuin atau Taman Air Partini. Taman ini sebenarnya difungsikan sebagai penampungan air untuk membersihkan dan menggelontorkan kotoran sampah di dalam kota.

Taman air untuk wahana naik perahu di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Taman air untuk wahana naik perahu di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.
Namun seiring perkembangan taman air itu kini dijadikan sebagai area bermain perahu. Pengunjung bisa naik perahu.

Ada dua jenis perahu yang disediakan di taman air. Perahu kecil dan besar. Untuk menikmati perahu air pengunjung cukup membayar Rp 25.000 - Rp 30.000 sekali putaran.

4. Area Outbound

Selain wahana permainan, Taman Balekambang juga dilengkapi area outbond yang menyenangkan. Cocok untuk Anda yang datang ke sini bersama keluarga besar.

Ruang publik yang bisa dijadikan tempat outbound pengunjung Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Ruang publik yang bisa dijadikan tempat outbound pengunjung Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.
Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat bersantai karena area ini sangat luar dan dipenuhi pepohonan yang rindang.

5. Mancing Candak Colke

Ini merupakan wahana pemancingan ikan yang berada di kolam utama Taman Balekambang. Di sini pengunjung bisa memancing ikan. Wahana ini juga sebagai sarana edukasi bagi pengunjung.

Di sini pengunjung akan diajari cara memancing yang benar dan diperkenalkan jenis-jenis ikan. Tertarik untuk mencoba?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com