5 Wahana Permainan yang Bisa Anda Coba di Taman Balekambang Solo

Kompas.com - 26/05/2019, 13:02 WIB
Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah. KOMPAS.com/LABIB ZAMANITaman Balekambang Solo, Jawa Tengah.

SOLO, KOMPAS.com - Taman Balekambang merupakan salah satu tempat destinasi wisata di Solo, Jawa Tengah. Taman ini terletak di Jalan Balekambang No 1, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Tidak sulit untuk menemukan taman peninggalan Raja Istana Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegoro VII. Karena lokasinya tak jauh dari pusat kota atau tepatnya berada di utara Stadion Manahan.

Baca juga: Mudik ke Solo, Kunjungi Mural Flyover Manahan yang Instagramable

Awalnya, taman ini sebagai tempat bersantainya para keluarga dan kerabat Istana Pura Mangkunegaran. Dibangun sekitar tahun 1921. Kemudian dibuka untuk masyarakat umum pada era KGPAA Mangkunegoro VIII.

Taman Balekambang pernah mengalami revitalisasi sekitar tahun 2008, era pemerintahan Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Pilihan Wisata Gratis Sekitar Solo, Menyambangi Kandang Kebo Bule

Setelah itu, taman yang memiliki area seluas 9,8 hektar dimultifungsikan sebagai taman seni dan budaya, taman botani, taman edukasi dan tempat rekreasi. Cocok sebagai tujuan wisata keluarga.

Taman Kelinci di Balekambang Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Taman Kelinci di Balekambang Solo, Jawa Tengah.
Taman Balekambang buka setiap hari, mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam berupa pepohonan yang menjulang tinggi, membuat suasana berwisata Anda terasa lebih sejuk.

Baca juga: Mudik ke Solo, Jangan Lewatkan Naik Kereta Uap Kuno Jaladara

Pengunjung juga dapat mencoba wahana permainan yang ada di taman yang difungsikan sebagai paru-paru kota. Wahana permainan itu antara lain, kolam keceh, taman kelinci, taman air, area outbond, dan mancing candak colke (MCC).

1. Kolam Keceh

Untuk menikmati wahana Kolam Keceh pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Wahana dengan konsep mini waterboom ini diperuntukkan khusus bagi usia anak-anak.

Kolam Keceh di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Kolam Keceh di Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah.
Kolam Keceh memiliki kedalaman sekitar 20 sentimeter. Di sekitar kolam ini dilengkapi dengan sarana dan prasarana permainan anak, seperti prosotan, ayunan, jungkitan, dan lain sebagainya.

2. Taman Kelinci

Taman Kelinci merupakan wahana baru di Taman Balekambang. Taman ini cocok bagi orangtua yang ingin mengajarkan anak-anaknya tentang menyayangi hewan peliharaan. Tiket masuk taman kelinci hanya Rp 5.000 per orang.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X