Mudik ke Solo, Kunjungi Mural Flyover Manahan yang Instagramable

Kompas.com - 26/05/2019, 05:08 WIB
Mural di dinding jembatan layang Manahan dari udara di Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019). Mural tokoh figur Pandawa Lima seperti Yusdistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa menghiasi dinding sepanjang 2500 meter. Fly over Manahan Solo dirancang sepanjang 600 meter dan lebar 9 meter. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGMural di dinding jembatan layang Manahan dari udara di Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019). Mural tokoh figur Pandawa Lima seperti Yusdistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa menghiasi dinding sepanjang 2500 meter. Fly over Manahan Solo dirancang sepanjang 600 meter dan lebar 9 meter.

SOLO, KOMPAS.com - Cat warna-warni menghiasi Flyover Manahan yang terletak di Jalan Dokter Moewardi nomor 1, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Berjalan menyusuri jalur pedestrian di sekitar flyover tersebut Tim Merapah Trans Jawa 4 Kompas.com melihat lukisan tokoh pewayangan yang digambarkan tengah mengenakan pakaian khas Jawa.

Baca juga: Mudik ke Solo, Kunjungi Kebo Bule Tertua di Keraton Surakarta

Di salah satu sudut flyover terdapat lorong yang juga dihiasi dengan warna-warna cerah.

Flyover ini membentang dengan panjang 600 meter dan melintasi pelintasan sebidang rel kereta api Solo-Yogyakarta sehingga membuat arus lalu lintas dari Jalan Adi Sucipto dan Jalan MT Haryono ke arah Jalan Dr Moewardi dan sebaliknya menjadi lebih lancar.

Baca juga: Mudik ke Solo, Jangan Lewatkan Naik Kereta Uap Kuno Jaladara

Untuk dapat menikmati cantiknya flyover ini Anda harus melintasi ruas Jalan Adi Sucipto atau Jalan MT Haryono.

Mural di dinding jembatan layang Manahan dari udara di Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019). Mural tokoh figur Pandawa Lima seperti Yusdistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa menghiasi dinding sepanjang 2500 meter. Fly over Manahan Solo dirancang sepanjang 600 meter dan lebar 9 meter.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Mural di dinding jembatan layang Manahan dari udara di Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/5/2019). Mural tokoh figur Pandawa Lima seperti Yusdistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa menghiasi dinding sepanjang 2500 meter. Fly over Manahan Solo dirancang sepanjang 600 meter dan lebar 9 meter.

Warga sekitar, Yono mengatakan, semenjak dibangunnya flyover ini arus lalu lintas di kawasan tersebut menjadi lebih teratur.

Flyover ini juga dapat menjadi lokasi berfoto yang instagramable.

"Terus jadi rapi juga kan lingkungannya. Kadang ada yang foto begitu, kan memang menarik muralnya," ujarnya.

Namun Anda harus berhati-hati, pasalnya jalur pedestrian di sekitar flyover ini cukup sempit. Selain itu, demi keselamatan Anda juga harus memperhatikan kendaraan yang lalu lalang di sepanjang jalan tersebut.

Fly Over Manahan bisa menjadi salah satu lokasi menarik untuk dikunjungi saat berlibur atau mudik di Kota Solo. Bagaimana, tertarik melintasi flyover cantik ini?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X