5 Tempat Wisata Wajib Mampir saat Kamu Mudik ke Cilegon

Kompas.com - 29/05/2019, 06:05 WIB
Pulau Merak Kecil
     KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDAPulau Merak Kecil

KOMPAS.com – Sebagai kawasan penghasil baja terbesar di Asia Tenggara, Cilegon, Banten kerap dijuluki sebagai Kota Baja. Berada di tepian selat Sunda, Cilegon juga dikenal sebagai Kota Industri. Banyak industri-industri yang berdiri di kota ini.

Meski begitu, Cilegon tetap memiliki beberapa tempat menarik untuk dikunjungi. Bagi kamu yang berencana mudik di sekitar kawasan Cilegon, mungkin bisa mengunjungi beberapa tempat wisata sekitar Cilegon berikut ini:

1. Pulau Merak

Mengunjungi Cilegon belum lengkap tanpa berwisata ke Pulau Merak. Tempat ini merupakan tempat yang mengasyikan untuk menikmati libur lebaran selama di Cilegon.

Dengan menyeberang perahu, seharga sekitar Rp 15.000-Rp 25.000 Anda sudah bisa menikmati pasir putih pantai beserta pemandangan alamnya yang mempesona.

Terdapat dua pulau yang dinamakan Pulau Merak, yakni Pulau Merak Besar, dan Pulau Merak Kecil. Namun yang paling sering dikunjungi adalah Pulau Merak Kecil lantaran lokasinya lebih dekat.

Baca juga: Panduan Menuju Pulau Merak, Mutiara Cilegon

2. Bukit Batu Lawang

Pemandangan dari Batu Lawanghttps://dispar.bantenprov.go.id/ Pemandangan dari Batu Lawang
Lokasi Bukit Batu Lawang berada di Kelurahan Gerem, Merak, Kota Cilegon. Bukit Batu Lawang menawarkan keindahan wisata alam berupa pemandangan dari ketinggian.

Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat siluet bukit Gunung Pinang di Kramatwatu, menara Masjid Agung Cilegon, Waduk Krenceng, bahkan siluet Gunung Karang di Pandeglang.

Dikutip dari website Dinas Pariwisata Provinsi Banten, ikon Batu Lawang adalah dua batu besar yang berdampingan, sehingga membentuk celah di antaranya, dan menyerupai sebuah pintu.

Kedua batu ini berada di antara Gunung Batur dan Gunung Gede, yang menjadi batas antara Kota Madya Cilegon dengan daerah Bojonegara yang secara administratif masuk wilayah Kabupaten Serang.

3. Bukit Teletubies Merak

Gunung Kemuning terletak di kawasan Suralaya Cilegon. Terkenal sebagai petilasan ulama yang menyebarkan agama Islam di wilayah Banten. Kini Gunung Kemuning lebih dikenal sebagai Bukit Teletubies.

Lantaran bukit ini tidak terlalu tinggi, pengunjung dari berbagai usia termasuk anak-anak kerap mendatangi kawasan ini. Dari Bukit Teletubies pemandangannya sangat cantik, pengunjung bisa melihat kapal-kapal yang berlayar di lautan selat Sunda.

4. Krakatau Royal Garden

Royale Krakatau Gardenhttps://kiec.co.id Royale Krakatau Garden
Royale Krakatau Garden (RKG) atau yang lebih dikenal dengan Krakatau Jungle Park (KJP) merupakan  salah satu unit usaha PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (PT KIEC) yang beralamat di JL KH Yasin Beji 3 Cilegon Banten.

Pada awal beroperasi KJP hanya diperuntukan sebagai tempat Outbound atau Team Building dengan segmentasi atau pangsa pasar perusahaan/intansi yang berada  di kota Cilegon dan sekitarnya, namun seiring berjalannya waktu dan tuntutan pasar KJP tumbuh berkembang menjadi tempat Wisata Keluarga   dengan konsep Wisata Food, Education & Leisure

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X