Panduan Menuju Pulau Merak, "Mutiara" Cilegon

Kompas.com - 20/05/2019, 19:08 WIB
Pulau Merak Kecil
     KOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pulau Merak Kecil

KOMPAS.com - Untuk Anda yang mencari tempat wisata sekitar Jakarta, Pulau Merak mungkin bisa menjadi salah satu alternatif tempat untuk dikunjungi.

Pulau Merak berlokasi di Cilegon, Banten. Terdapat dua tempat yang dinamakan Pulau Merak, yakni Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil. Namun yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Pulau Merak Kecil lantaran untuk mencapainya hanya butuh waktu penyebrangan sekitar lima menit.

Pulau Merak Kecil dikelilingi pasir putih di sekitarnya. Berikut KompasTravel memberikan panduan cara menuju Pulau Merak Kecil jika ditempuh dari Jakarta:

1. Carilah Kereta ke Rangkasbitun

Jika Anda berangkat dari Jakarta, maka hal yang pertama Anda lakukan adalah datang ke Stasiun Tanah Abang. Dari Tanah Abang, naiklah KRL untuk menuju ke Rangkasbitung. Perjalanan dari Tanah Abang ke Rangkasbitung sekitar 2 jam. Tarif KRL dari Tanah Abang ke Rangkasbitung adalah Rp 8.000.

2. Berganti Kereta Menuju Stasiun Merak

Kereta di Stasiun MerakKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Kereta di Stasiun Merak

Setelah sampai Stasiun Rangkasbitung, Anda bisa turun untuk membeli tiket KA Lokal Merak untuk menuju ke Stasiun Merak. Tarif kereta dari Rangkasbitung menuju Merak adalah Rp 3.000. Perjalanannya sendiri adalah selama 2 jam.

3. Cari Angkot Merah Menuju ke Dermaga Penyebrangan

Dari Stasiun Merak, berjalanlah ke luar stasiun. Setelahnya carilah angkot warna merah yang memiliki rute menuju dermaga penyebrangan ke Pulau Merak. Tarif angkot sekitar Rp 3.000 lama perjalanan hanya sekitar 5 menit.

4. Menyebrang ke Pulau Merak

Sampai di dermaga penyebrangan, Anda bisa menyewa perahu untuk menyebrang ke Pulau Merak Besar maupun Pulau Merak Kecil. Tarif menyebrang ke Pulau Merak kecil sekitar Rp 15.000. Sedangkan ke Pulau Merak Besar Rp 25.000.

Tips Datang Ke Pulau Merak

Kenakan pakaian yang nyaman, yang sekiranya tidak berat kalau nanti digunakan untuk basah-basahan. Bawalah baju ganti jika Anda ingin berenang di sekitar pulau.

Jangan lupa untuk meminta nomor pengemudi perahu supaya nanti jika Anda selesai bermain-main di Pulau Merak, Anda bisa langsung menghubunginya.

Bawa kembali sampah Anda, supaya Pulau Merak tetap terjaga kebersihannya.




Close Ads X