5 Lauk Khas Indonesia Teman Menyantap Ketupat

Kompas.com - 04/06/2019, 22:02 WIB
Ilustrasi Opor ayam AmalliaEkaIlustrasi Opor ayam

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyantap ketupat jadi tradisi orang Indonesia saat Lebaran. Umumnya saat menyantap ketupat, ada lauk pendamping lain untuk menambah rasa dan tekstur masakan.

Berikut lima hidangan yang biasa dijadikan lauk pendamping ketupat.

1. Opor Ayam

Sejarawan Kuliner, Fadly Rahman mengatakan, hidangan opor tak benar-benar berasal dari Indonesia. Opor disebutkan berasal perpaduan antara masakan India dan Arab.

"India punya kari, lalu Arab membawa gulai, dan kita dengan kreatifnya melakukan modifikasi atau akulturasi budaya India dan Arab itu dengan menghasilkan opor,” papar Fadly

2. Semur

Semur jengkol di Warung Nasi Uduk Bang Udin Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta, Kamis (18/5/2017). Nasi uduk semur jengkol Bang Udin telah hadir sejak tahun 1986.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Semur jengkol di Warung Nasi Uduk Bang Udin Kawasan Rawa Belong, Palmerah, Jakarta, Kamis (18/5/2017). Nasi uduk semur jengkol Bang Udin telah hadir sejak tahun 1986.
Semur tampak sederhana, tetapi sebenarnya punya sejarah yang panjang. Sejarawan JJ Rizal menyebutkan semur sejatinya adalah masakan yang tercipta dari perpaduan tiga bangsa.

"Tradisi dari zaman purba setiap masyarakat pasti punya cara mengolah daging dan cara mengawetkan daging tersebut. Daging semur adalah tradisi purba dari Indonesia. Kemudian datang pendatang dari China minta dibuatkan masakan kampung halamannya yang bahannya dari sari ikan kek," kata sejarawan JJ Rizal pada acara Peluncuran Peta Kuliner Nusantara di Gedung BukaLapak, Jakarta (26/11/2016).

Menurut Rizal, karena kebanyakan pendatang dari China adalah laki-laki, mereka kemudian memperistri perempuan Melayu.

"Sang istri yang orang Melayu memasukkan unsur mereka dengan gula jawa. Maka, jadilah kecap manis," katanya.

Uniknya JJ Rizal menyebutkan yang menamakan semur justru orang Belanda yang artinya daging dengan rasa manis dimasak sampai empuk.

3. Rendang

Rendang Ayam, salah satu menu Sinar Pagi Nasi Padang di acara Streat, Singapore Food Festival 2018 di Empress Lawn atau di depan Victoria Memorial Hall, Singapura, Sabtu (14/7/2018). KOMPAS.COM/MOH NADLIR Rendang Ayam, salah satu menu Sinar Pagi Nasi Padang di acara Streat, Singapore Food Festival 2018 di Empress Lawn atau di depan Victoria Memorial Hall, Singapura, Sabtu (14/7/2018).
Kalau di Jawa lauk ketupat identik dengan semur, beda dengan di Sumatera. Cita rasa manis kurang disukai sehingga semur biasa digantikan rendang.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X