Kreativitas Dibalik Tersohornya Pintu Langit Dahromo di Yogyakarta

Kompas.com - 30/06/2019, 20:10 WIB
Pesona sore di Pintu Langit Dahromo, BantulKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pesona sore di Pintu Langit Dahromo, Bantul

KOMPAS.com – Kalau Kamu datang ke Yogyakarta, Pintu Langit Dahromo adalah salah satu tempat yang bisa dikunjungi. Tempat ini berlokasi di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Di tempat ini, Kamu bisa mendapati keelokan tempat yang menawarkan pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian.

Menariknya, di tempat ini juga terdapat spot-spot foto Instagramable. Ada sebuah pintu yang terbuka yang seolah langsung terhubung ke langit. Sangat indah, apalagi ketika gemerlap Kota Yogyakarta terpancar pada malam hari.

Spot yang lain adalah Tempat Main Piano. Baik siang maupun malam, mengambil foto dari sudut tempat ini seolah-olah Kamu sedang berkolaborasi dengan alam, menyenandungkan lagu keindahan.

Memanfaatkan Limbah

Pintu Langit Dahromo berdiri sekitar tahun 2017 di antara kawasan hutan pinus yang membentang di sebelah timur Kabupaten Bantul. Di tahun tersebut Pintu Langit Dahromo mulai melakukan perubahan pemanfaatan hutan dari pertanian ke pariwisata.

Pesona Malam di Pintu Langit Dahromo, BantulKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pesona Malam di Pintu Langit Dahromo, Bantul

Para petani hutan dibantu bersama sejumlah kelompok pemuda kreatif mulai menata hutan agar spot-spot yang menarik bisa dinikmati oleh wisatawan.

Penataan kawasan Pintu Langit Dahromo hanya menggunakan limbah-limbah kayu tak terpakai, seperti yang dikemukakan Riyanto, pengelola Pintu Langit Dahromo saat dihubungi KompasTravel.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X