Pulau Ontoloe, Tempat Para Komodo akan Kembali Pulang

Kompas.com - 12/07/2019, 20:00 WIB
Penyelamatan komodo Sabtu (21/7/2018), yang ditangkap warga di sekitar perkampungan Watu Bari, Kecamatan Macang Pacar, Manggarai Barat, NTT. ARSIP YAYASAN KOMODO SURVIVAL PROGRAM (KSP) INDONESIAPenyelamatan komodo Sabtu (21/7/2018), yang ditangkap warga di sekitar perkampungan Watu Bari, Kecamatan Macang Pacar, Manggarai Barat, NTT.

KOMPAS.com – Para komodo akan kembali pulang usai terancam berpindah kewarganegaraan.

Ya, enam Komodo yang gagal diselundupkan ke luar negeri akan kembali pulang ke ‘rumah’. Adalah Pulau Ontoloe, yang disebut sebagai tempat asli habitat mereka.

"Awalnya, kita belum mengetahui habitat aslinya dimana, tapi setelah pengkajian dan penelitian oleh LIPI Biologi Jakarta kerjasama dengan WCS Jakarta, dan KSP Jakarta, diketahui bahwa komodo ini berasal dari Flores, tapi tidak dari Pulau Komodo. Di antara Pulau Flores ini ada Pulau Ontoloe yang mana komodo bisa nyaman di sana," kata Timbul Batubara Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT seperti dikutip Kompas.com  Kamis (11/7/2019)

Baca juga: Bukan dari Pulau Komodo, Ini Habitat Komodo yang Gagal Diselundupkan

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Jawa Timur mengungkap jaringan perdagangan satwa liar yang menyelundupkan 41 ekor komodo ke luar negeri.

Nama Pulau Ontoloe mungkin tak sefamiliar Pulau Komodo maupun pulau-pulau lain yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Namun di tempat ini, komodo juga bisa ditemukan.

“Banyak orang yang tidak tahu bahwa Komodo juga terdapat di daratan Flores” jelas Wiratno Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Wiratno melalui siaran pers ke Kompas.com, Rabu (3/4/2019). 

Mengenal Pulau Ontoloe

Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Ontoloe, masuk ke dalam kawasan 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur. Taman Wisata alam 17 Riung memiliki luas sekitar 9.900 hektare.

Pulau Ontole merupakan pulau terbesar diantara 17 pulau lain, dengan luas sekitar 660 hektare. Kawasan ini dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Nusa Tenggara Timur

Melansir dari Kompas.com (31/07/2018) keberadaan komodo di pulau ini tampaknya harus bertarung dengan alam yang minim stok pakan agar tetap bertahan hidup dan berkembang biak.

Diperlukan konservasi dan perlindungan yang amat serius dari pemerintah agar keberlangsungan dan keberlanjutan dari binatang langka ini tetap terjaga dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X