Bromo Erupsi, Keindahannya Bisa Disaksikan dari Puncak B29 Lumajang

Kompas.com - 20/07/2019, 15:47 WIB
Kaldera Gunung Bromo dilihat dari Puncak B29 Lumajang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kaldera Gunung Bromo dilihat dari Puncak B29 Lumajang.

KOMPAS.com Gunung Bromo di Jawa Timur kembali erupsi pada Jumat malam (19/7/2019). Gunung dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) masih berstatus Waspada (level II) hingga sekarang.

Dilansir dari Kompas.com tanggal 20 Juli 2019, PVMBG pun merekomendasikan masyarakat atau wisatawan untuk tidak masuk kawasan dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo.

Baca juga: 5 Keindahan Alam yang Bisa Disaksikan dari Puncak B29 Lumajang

Tentu erupsi Gunung Bromo membuat aktivitas wisata menjadi terbatas. Jika saat normal wisatawan bisa mendaki sampai bibir kawah, maka untuk saat ini aktivitas itu tidak bisa dilakukan dan hanya terbatas di kawasan belakang Pura Luhur Poten.

Pura Luhur Poten di Kawasan Gunung Bromo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pura Luhur Poten di Kawasan Gunung Bromo.
Meski demikian, Gunung Bromo masih tetap menawan. Wisatawan masih bisa menikmati lanskap menakjubkan dari lautan pasirnya yang dikelilingi oleh deretan pegunungan.

Gunung Bromo dari Puncak B29 Lumajang

Menikmati keindahan Gunung Bromo ternyata tidak hanya bisa dilakukan dari kawasan wisatanya saja. Ada salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk menyaksikan keindahan Gunung Bromo.

Obyek wisata itu adalah Puncak B29. Lokasi tempat wisata ini ada di puncak bukit sebelah timur lautan pasir Gunung Bromo, tepatnya di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga: Yadnya Kasada Promosikan Pariwisata Gunung Bromo

Status Waspada Gunung Bromo tidak berpengaruh bagi wisatawan di Puncak B29 Lumajang. Itu karena jarak obyek wisata ini dengan kawah Gunung Bromo adalah sekitar 5 kilometer sehingga aman untuk dikunjungi.

Kaldera Bromo dilihat dari Puncak B29 Lumajang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Kaldera Bromo dilihat dari Puncak B29 Lumajang.
Selain itu, wisatawan akan disuguhkan dengan bentang panorama yang begitu indah dari Puncak B29 Lumajang. Kaldera Bromo yang luas dan dikelilingi pegunungan bisa diamati dengan begitu jelas.

Beberapa gunung yang ada di tengah kaldera seperti Gunung Batok turut terlihat dari ketinggian sekitar 2.900 mdpl ini. Gunung Bromo yang sedang erupsi pun juga terlihat. Namun, kawahnya terhalang oleh punggungan bukit.

Pemandangan yang tersaji di Puncak B29 Lumajang pun tidak hanya kawasan Gunung Bromo saja. Kawasan di sekitarnya pun turut terlihat, salah satunya adalah Puncak Mahameru yang merupakan titik tertinggi Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl.

Letusan Gunung Semeru dilihat dari Puncak B29 Lumajang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Letusan Gunung Semeru dilihat dari Puncak B29 Lumajang.
Dari kejauhan, tepatnya di ufuk barat terlihat pula Gunung Arjuno-Welirang. Sementara itu, kaki langit sebelah timur menyajikan panorama Gunung Argopuro dengan puncaknya yang memanjang.

Selain itu, keindahan matahari terbit dan terbenam juga bisa disaksikan dari Puncak B29 Lumajang ini ketika cuaca cerah. Biasanya pengunjung berkemah di sana untuk bisa menyaksikan keduanya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X