2 Kartu Penyelamat saat Liburan ke Korea Selatan

Kompas.com - 26/08/2019, 13:13 WIB
Salah satu hal yang penting saat mengunjungi Korea Selatan adalah memiliki kartu pembayaran elektronik, salah satunya Korea Tour Card yang khusus untuk turis asing. Dok. Korea Tour CardSalah satu hal yang penting saat mengunjungi Korea Selatan adalah memiliki kartu pembayaran elektronik, salah satunya Korea Tour Card yang khusus untuk turis asing.

JAKARTA, KOMPAS.comKorea Selatan menjadi salah satu negara di Asia yang sering menarik perhatian, khususnya turis untuk berkunjung.

Sebelum menjelajahi Negeri Gingseng ini, ada baiknya turis mempunyai kartu “penyelamat” yang sangat berguna untuk menemani hari-hari perjalanan di Korea.

Pastikan semua urusan yang berhubungan dengan perjalanan ke Korea Selatan telah selesai, yaitu melakukan perjalanan udara, mengurus imigrasi hingga bagasi.

Kemudian hal yang perlu dilakukan selanjutnya oleh turis adalah membeli T-Money atau Korea Tour Card. Kedua kartu tersebut berguna untuk membayar transportasi umum, yaitu bus, kereta bawah tanah dan taksi.

Sekilas kedua kartu ini memiliki kegunaan yang sama, tetapi ada juga perbedaannya. Letak perbedaannya berada di sisi harga serta keuntungannya. T-Money memiliki harga sekitar 2.500 won (Rp 30.000), sedangkan Korea Tour Card 4.000 won (Rp 50.000).

Korea Tour Card mempunyai harga lebih mahal karena kartu ini eksklusif untuk turis asing. Kartu ini juga memberikan keuntungan berupa diskon untuk di tempat wisata, restoran, bioskop hingga pusat perbelanjaan.

T-Money merupakan kartu penyelamat lain yang digunakan sebagai alat pembayaran elektronik dan sudah banyak digunakan masyarakat lokal Korea Selatan.Dok. Korea.net T-Money merupakan kartu penyelamat lain yang digunakan sebagai alat pembayaran elektronik dan sudah banyak digunakan masyarakat lokal Korea Selatan.
Kartu khusus untuk turis asing ini memiliki versi aplikasi selulernya, yaitu Mobile Korea Tour Card.

Aplikasi ini mengandalkan fitur FNC dari masing-masing ponsel. Tidak hanya dapat digunakan untuk membayar transportasi umum, Kartu ini bisa juga membayar di Starbucks, McDonalds dan toko lainnya.

Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, cek dahulu koneksi wireless dan pastikan NFC telah diaktifkan. Kemudian, aktifkan aplikasi dan gunakan kartu saat layar dinyalakan. Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada ponsel dengan OS Android 5.0.1 atau lebih tinggi.

Selain itu, pembayaran hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit dan kartu debit VISA, Master, JCB, Amex dan Union.

Turis dapat membeli T-Money dan Korea Tour Card di Family Mart, 7-Eleven, GS25 atau Mini Shop.

Di Bandara Incheon sendiri, turis dapat membeli di 7-Eleven yang berada di bandara tersebut.

Meskipun begitu, top up saldo kartu hanya bisa dilakukan di vending machine Berbeda hal nya saat membeli kartu di GS25, turis akan mendapatkan kartu T-Money sekaligus bisa top up saldo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X