5 Obyek Wisata Menarik di Penajam Paser Utara Kalimantan Timur

Kompas.com - 26/08/2019, 20:00 WIB
Kabupaten Penajam Paser Utara adalah wilayah yang akan menjadi sebagian dari ibu kota baru di Kalimantan. Dok. WikipediaKabupaten Penajam Paser Utara adalah wilayah yang akan menjadi sebagian dari ibu kota baru di Kalimantan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabupaten Penajem Paser Utara merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur yang memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Pada Senin (26/8), Jokowi telah menetapkan lokasi ibu kota baru yang salah satunya berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berikut lima destinasi wisata menarik yang ada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ari Terjun Tembinus merupakan salah satu objek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.Dok. Traveling Yuk Ari Terjun Tembinus merupakan salah satu objek wisata yang berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

1. Air Terjun Tembinus

Air Terjun Tembinus atau biasa disebut Niagara Tembinus merupakan salah satu tempat wisata yang seru dan cukup menantang di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Lokasi wisata air terjun ini berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Air Terjun Tembinus masih berada dalam wilayah Hak Guna Usaha PT. ITCI Hutani Manunggal.

Meskipun begitu, tempat tersebut sudah bisa diakses oleh pengunjung. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke lokasi tersebut sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan dari ibu kota kabupaten Penajam Paser Utara.

Air terjun yang berlokasi cukup jauh dari ibu kota itu hanya bisa dikunjungi pada hari sabtu dan Minggu. Selain itu, pengunjung hanya diperbolehkan untuk menikmati pesona Air Terjun Tembinus hanya sampai pukul 16.00 sore.

Pengunjung juga disarankan pergi ke tempat ini saat cerah agar kondisi jalan ke air terjun tidak licin sehingga keselamatan dan keamanan bisa terjaga.

Rusa Samba yang berada di Penangkaran Rusa Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.Dok. Hello Borneo Rusa Samba yang berada di Penangkaran Rusa Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
2. Penangkaran Rusa Penajam

Pengunjung cukup membayar karcis masuk seharga Rp 2.000 saat weekdays dan Rp. 5.000 saat weekend, kemudian pengunjung bisa langsung melihat ratusan anak rusa dari berbagai jenis di penangkaran ini.

Selain bisa menikmati aktivitas rusa, pengunjung bisa langsung memberikan makanan kepada rusa-rusa tersebut.

Kebanyakan spesies rusa yang diternakkan di Penangkaran Rusa Penajam adalah jenis Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brokei) dan Rusa Timor (Cervus Timorensis).

Rusa dikenal suka berkumpul, sehingga di setiap kandangnya terdapat puluhan rusa. Kini jumlah rusa di penangkaran itu sekitar 200 ekor.

Lokasi penangkaran rusa seluas 50 hektare ini berada di Jalan Provinsi KM 32, Desa Api-api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X