7 Tempat Terbaik untuk Menikmati Keindahan “Sunset” di Yogyakarta

Kompas.com - 31/08/2019, 22:04 WIB
Keindahan Matahari Terbenam di Tanjung Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAKeindahan Matahari Terbenam di Tanjung Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta.

KOMPAS.com – Yogyakarta memang memiliki beragam daya tarik wisata. Keindahan alam hingga kekayaan budaya di sana sukses menjadikannya destinasi wisata favorit. Tidak ketinggalan, Yogyakarta juga memilili banyak spot untuk melihat sunset.

Yogyakarta yang dikelilingi oleh pegunungan menjadikan ada berbagai lokasi dengan pemandangan terbuka ke arah barat. Pesisir selatan Yogyakarta pun seolah tidak mau ketinggalan untuk menyajikan keindahan matahari terbenam.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Malam Murah di Yogyakarta, Paling Mahal Hanya Rp 3.000

Berikut ini adalah 7 tempat terbaik untuk menikmati keindahan sunset di Yogyakarta:

1. Candi Ijo

Saat ini Candi Ijo merupakan saah satu obyek wisata favorit di Yogyakarta. Saat sore hari terutama pada hari libur, banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

Hal itu dikarenakan pemandangan terbuka di sisi barat candi tertinggi di Yogyakarta itu yang menyajikan lanskap menawan dari ketinggian.

Candi Ijo, Candi Tertinggi di YogyakartaKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta
Saat sore hari yang cerah, sisi barat akan menampilkan panorama matahari terbenam ke ufuk barat yang begitu indah. Sang surya akan disambut oleh hamparan Pegunungan Menoreh di sisi barat yang terlihat memanjang dari sisi selatan ke utara.

Ramainya Candi Ijo juga dikarenakan obyek wisata ini tidak terlalu jauh dari Kota Yogyakarta. Jika lalu-lintas lancar, Candi Ijo bisa ditempuh kurang dari satu jam dari Tugu Jogja.

2. Embung Nglanggeran

Satu lagi lokasi terbaik untuk menikmati pesona sunset adalah Embung Nglanggeran. Lokasi embung ini satu kompleks dengan obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran yang sudah terlebih dahulu dikenal.

Embung Nglanggeran berada di ketinggian sekitar 495 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pemandangan terbuka ke arah barat menjadikan embung ini juga pas dikunjungi untuk menikmati keindahan sunset saat cuaca cerah.

Petang di Embung Nglanggeran, Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Petang di Embung Nglanggeran, Gunungkidul.
Panorama embung, perbukitan, Gunung Api Purba, matahari terbenam, dan sejuknya udara sore merupakan perpaduan sempurna yang bisa dinikmati pengunjung.

Lokasi Embung Nglanggeran juga tidak terlalu jauh dari Yogyakarta, yakni hanya sekitar 27 kilometer. Jika jalan tidak macet, perjalanan hanya membutuhkan waktu kurang-lebih satu jam dari Tugu Jogja.

3. Puncak Kayangan

Menikmati keindahan matahari terbenam dengan bonus panorama pesisir pantai selatan dari ketinggian tentu sangat mendamaikan. Aktivitas itu salah satunya bisa dilakukan di Puncak Kayangan, Bantul.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X