Sempat Dianggap Punah, Apa Itu Kopi Geisha?

Kompas.com - 22/09/2019, 14:00 WIB
Varietas kopi gesha atau disebut juga geisha. Dok. Dailycoffenews.comVarietas kopi gesha atau disebut juga geisha.

JAKARTA,KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia sempat dilanda tren kopi. Seiring dengan perkembangan tren ini, mulai bermunculan beragam varian kopi yang memiliki karakter yang berbeda satu sama lain.

Selain dari jenisnya, pengelompokan kopi juga ditentukan dari varietasnya. Ada berbagai macam varietas di kopi diantaranya adalah typica, bourbon, caturra, sidikalang, dan masih banyak lagi.

Namun dari varietas-varietas ini, ada satu varietas yang diagung-agungkan oleh beberapa pecinta kopi. Varietas tersebut adalah gesha atau disebut pula geisha.

Apa sebenarnya kopi varietas geisha ini?

“Varietas ini awalnya ditemukan di salah satu desa daerah pegunungan yang bernama Desa Gesha di Ethiopia,” ujar CEO ABCD School of Coffee Hendri Kurniawan saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (18/9/2019).

Hendri menjelaskan bahwa kopi ini sempat dianggap punah oleh pecinta kopi dunia sebelum diperkenalkan kembali pada 2004 di Panama oleh Price dan Daniel Peterson.

Baca juga: Seduhan Biji Okra yang Mirip Kopi, Seperti Apa Rasanya?

Babak baru varietas kopi geisha dimulai pada tahun 1996 ketika duo ayah-anak, Price dan Daniel Peterson, membeli dan menanam beberapa pohon kopi liar. Tanaman pertama dari budidaya ini dipanen dan diproses pada tahun 2004.

Dilansir dari www.fivesenses.com.au, situs kopi speciality di Australia, kopi ini mulai dilirik oleh para pecinta kopi di dunia setelah ia dinobatkan sebagai The Best Of Panama atau biasa disingkat BOP.

BOP merupakan sebuah wadah lelang kopi berkualitas tinggi, hasi dari petani kopi Panama. Ajang ini digandrungi sebagai tempat mencari kopi kelas atas oleh pecinta kopi di dunia.

Kopi varietas geisha menjadi langganan pemenang lelang. Paling tinggi di antara kopi varietas lain. Hal ini membuat kopi geisha semakin populer di kalangan pecinta kopi. Oleh karena itu, banyak petani lain yang menanam pohon kopi geisha di pertaniannya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X