KILAS

Menpar Dorong Tanjung Lesung Jadi Situs Geopark

Kompas.com - 29/09/2019, 13:30 WIB
Tanjung Lesung diusulkan menjadi situs geopark Dok. KemenparTanjung Lesung diusulkan menjadi situs geopark

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata mendorong penetapan Ujung Kulon sebagai taman bumi (geopark) nasional yang terdaftar di UNESCO Global Geopark (UGG) dipercepat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwasata (Menpar) Arief Yahya saat membuka Festival Tanjung Lesung di Tanjung Lesung Resort, Jumat (27/9/2019) lalu. 

Arief mengatakan, dengan dimasukkannya Ujung Kulon menjadi UGG, kegiatan promosi daerah tersebut pun akan mudah laiknya beberapa situs geopark lainnya. 

"Jika sudah mendapatkan UGG, branding-nya nanti sudah seperti Borobudur, Ciletuh hingga Rinjani, sehingga sangat mudah dipromosikan,” katanya Arief dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (29/9/2019).

Baca juga: Festival Tanjung Lesung Diharapkan Dongkrak Kunjungan Turis ke Banten

Namun, Arief menambahkan, untuk mempromosikan Ujung Kulon sebagai destinasi pariwisata, beberapa hal perlu dibenahi.

Misalnya soal akses. Menpar mengatakan, beruntung pembangunan tol Serang-Panimbang yang dapat memangkas waktu perjalanan dari Jakarta ke Serang akan selesai pada 2022.

Menpar menganggap perlu adanya opsi lain, yaitu pembangunan bandara internasional, untuk mempermudah aksesibilitas.

"Kami sangat mendukung jika Pandeglang memiliki bandara internasional mewakili Banten, dan akan mendampingi ke Kemenhub jika perlu," ungkap Menpar.

Baca juga: 8 Bulan Pasca-tsunami Selat Sunda, Apa Kabar Kawasan Tanjung Lesung?

Selanjutnya soal amenitas, Arief mendorong diterapkannya Nomadic Tourism, misalnya dengan GlamCamp.

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menghadiri Festival Tanjung Lesung pada 27-29 September 2019Dok. Kemenpar Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menghadiri Festival Tanjung Lesung pada 27-29 September 2019

Terkait acara Festival Tanjung Lesung, Menpar mengatakan, ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam program dan proses pemulihan (recovery) Provinsi Banten pasca tsunami Selat Sunda beberapa waktu lalu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X