Pohon Raksasa di Lasem Jadi Spot Favorit Turis, Apa Menariknya?

Kompas.com - 13/10/2019, 08:58 WIB
pohon trembesi di Desa Karasjajar, Lasem, Jawa Tengah Dok. Istimewapohon trembesi di Desa Karasjajar, Lasem, Jawa Tengah

SURAKARTA, KOMPAS.com - Lasem, Jawa Tengah identik dengan pengrajin batik tulis, tetapi tak hanya itu Lasem juga punya tempat wisata yang menarik.

Salah satu daya tarik adalah pohon trembesi. Jenis pohon ini terkenal berukuran besar dengan cabang dan ranting yang banyak dan daun yang meneduhkan.

Di Desa Karasjajar, pohon trembesi berada di sebelah tempat kerja pembatik Pusaka Beruang, salah satu merek batik tulis di Lasem.

Wisatawan menyebut spot ini dengan nama Pohon Trembesi Raksasa dan pohon ini sendiri menjadi spot wisata andalan saat wisatawan ke Lasem.

Selain rumah tempat pengrajin batik, di area Pohon Trembesi Raksasa terdapat makam'

"Makam ini diperkirakan makam orang yang membuka desa, karena orang Lasem awal diperkirakan orang dari Gunung Kendeng yang turun kemudian membuat pemukiman," jelas pemandu wisata dari Lasem, Yanto ditemui Kompas.com dalan Merapah 5 Warisan Budaya Batik, Lasem, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Mengapa Liburan ke Lasem? Ini Alasan dan Panduan Wisatanya

Uniknya pendopo makam ini disebutkan Yanto juga menjadi tempat para petani untuk berteduh atau sekadar beristirahat saat lelah.

Untuk memasuki kawasan Pohon Beringin Raksasa tidak dipungut biaya. Dari Pasar Lasem, Pohon Beringin Lasem berjarak sekitar lima kilometer.

Pemilik Batik Beruang, Santoso mengatakan beberapa kali menggelar pasar kaget batik di area pohon dan menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan dan bagi masyarakat sekitar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X