Pilihan Gunung untuk Pemula, Gunung Kendil di Temanggung Salah Satunya

Kompas.com - 16/10/2019, 21:00 WIB
Seorang pendaki berfoto di Puncak Gunung Kendil, Temanggung, Jawa Tengah. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASeorang pendaki berfoto di Puncak Gunung Kendil, Temanggung, Jawa Tengah.

TEMANGGUNG, KOMPAS.com – Mendaki gunung saat ini menjadi aktivitas yang digemari banyak orang. Bagi mereka yang baru berkenalan dengan aktivitas pendakian, Gunung Kendil di Temanggung, Jawa Tengah bisa menjadi salah satu alternatif tujuan pendakian terbaik.

Gunung Kendil memiliki ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini sekilas merupakan sebuah bukit sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai Bukit Sikendil.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Meski ketinggiannya hanya 1.800 mdpl, bukan berarti tidak ada keindahan yang tersaji di sana. Sikendil tetap menyajikan keindahan panorama dari ketinggian yang bisa disaksikan dengan jelas dari puncaknya.

Gunung Kendil bisa dijangkau dari Basecamp Pendakian Sikendil via Sibajag yang berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Basecamp ini juga terletak dekat perbatasan dengan Kabupaten Wonosobo.

Mengagumi keindahan Gunung Sindoro di Bukit Sikendil

Lokasi Gunung Kendil tepat berada di sisi utara Gunung Sindoro yang memiliki ketinggian 3.153 mdpl.

Jarak keduanya hanya dipisahkan oleh Jalan Tambi yang merupakan jalan alternatif Wonosobo-Temanggung.

Baca juga: FOTO: 7 Potret Indahnya Mendaki Gunung Sindoro via Tambi

Meski ketinggiannya kalah dari Gunung Sindoro, bukan berarti keindahan panorama Gunung Kendil lantas kalah begitu saja.

Sebaliknya, Gunung Sindoro yang menjulang tinggi menjadi salah satu pemandangan yang bisa terlihat dari Puncak Sikendil.

gunung Sindoro dilihat dari Puncak Bukit Sikendil, Temanggung.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA gunung Sindoro dilihat dari Puncak Bukit Sikendil, Temanggung.
Dari ketinggian sekitar 1.800 mdpl, Gunung Sindoro tampak berdiri begitu gagah. Selain menjulang tinggi ke langit, punggungan dan lembah Gunung Sindoro juga menambah panorama yang terlihat saat mendaki Gunung Kendil.

Satu pemandangan yang paling mencolok dari Gunung Sindoro adalah semacam bekas aliran sungai raksasa yang hulunya berasal dari puncak.

Aliran sungai kering ini tampak berliku dan begitu besar. Pemukiman penduduk sekitarnya terlihat sangat kecil.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X