Panduan Transportasi ke Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Tambi dari Jakarta

Kompas.com - 09/07/2019, 21:12 WIB
Seorang pendaki di Puncak Gunung Sindoro. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASeorang pendaki di Puncak Gunung Sindoro.

WONOSOBO, KOMPAS.com – Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Gunung dengan ketinggian sekitar 3.153 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini juga merupakan tujuan favorit para pendaki gunung.

Kebanyakan pendaki Gunung Sindoro biasanya mendaki dari jalur pendakian Kledung. Hal itu karena lokasi Basecamp Kledung memang strategis, yakni di samping jalan utama Wonosobo-Temanggung via Kledung Pass.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Namun, menuju Puncak Gunung Sindoro ternyata bisa dijangkau melalui jalur lain. Salah satu jalur pendakian Gunung Sindoro adalah melalui Kebun Teh Tambi. Pendaki yang mendaki melalui jalur ini akan mencapai puncak Gunung Sindoro dari sisi selatan.

Salah satu Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Tambi adalah Sigedang. Basecamp Sigedang berada di Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Menuju Basecamp Sindoro via Tambi (Sigedang) dari Jakarta

Basecamp Gunung Sindoro via Tambi (Sigedang) juga tak sulit dijangkau. Jika berangkat dari Jakarta, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menuju Kota Wonosobo.

Menuju Kota Wonosobo dari Jakarta salah satunya bisa dilakukan dengan naik bus. Ada beberapa bus dengan rute Jakarta yang langsung ke kota Wonosobo seperti Sinar Jaya atau Dieng Indah.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (2)

Nantinya bus antarkota antarprovinsi itu akan berhenti di Terminal Mendolo, Kota Wonosobo. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan oper naik bus kecil jurusan Wonosobo-Dieng.

Perjalanan bus kecil jurusan Wonosobo-Dieng tidak sampai Dieng. Kamu cukup memberi tahu kepada kernet bus jika perjalanan hanya sampai di Pertigaan Rejosari. Pertigaan itu merupakan percabangan antara jalur menuju Dieng dan Kebun Teh Tambi.

Baca juga: 8 Tips Mendaki Gunung Sindoro via Kebun Teh Tambi Wonosobo

Tarif bus kecil dari Terminal Mendolo sampai Pertigaan Rejosari adalah sekitar Rp 20.000. Basecamp Sigedang hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pertigaan Rejosari. Perjalanan selanjutnya bisa dilakukan dengan naik ojek seharga sekitar Rp 10.000.

Transportasi umum dari Wonosobo-Basecamp Sigedang akan lebih mudah ditemukan pada pagi hingga sore hari. Jika kemalaman, maka lebih baik bermalam dahulu di basecamp.

Jakarta-Wonosobo naik kereta api

Menuju Kota Wonosobo ternyata juga bisa dilakukan dengan moda transportasi kereta api. Namun, perjalanan tidak benar-benar dilakukan dengan kereta api sampai Kota Wonosobo karena tidak ada rel kereta api di sana.

Menuju Wonosobo dengan kereta api bisa dilakukan dengan menggunakan angkutan terusan yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dari Stasiun Purwokerto.

Angkutan terusan PT KAI Daop 5 Purwokerto.Dok. PT KAI Angkutan terusan PT KAI Daop 5 Purwokerto.
Angkutan terusan ini akan menjangkau wilayah-wilayah lain yang searah seperti Purbalingga dan Banjarnegara sebelum akhirnya sampai di Kota Wonosobo. Namun, angkutan terusan ini hanya sampai Kota Wonosobo.

Baca juga: PT KAI Siapkan Angkutan Terusan, dari Stasiun Purwokerto Kini Bisa ke Dieng

Selanjutnya perjalanan menuju Basecamp Sigedang bisa dilanjutkan dengan oper angkutan umum bus kecil jurusan Dieng. Sama seperti sebelumnya, turun di Pertigaan Rejosari dan oper ojek sampai tujuan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X