Inilah Acara Wisata Terbaik pada Tahun 2020

Kompas.com - 17/10/2019, 09:04 WIB
Sejumlah seniman mengikuti pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-41 tahun 2019 di Denpasar, Bali, Sabtu (15/6/2019). Pawai tersebut diikuti sekitar 4.300 orang seniman dari berbagai wilayah di Pulau Bali dan Indonesia serta diikuti perwakilan seniman dari luar negeri. AFP/SONNY TUMBELAKASejumlah seniman mengikuti pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-41 tahun 2019 di Denpasar, Bali, Sabtu (15/6/2019). Pawai tersebut diikuti sekitar 4.300 orang seniman dari berbagai wilayah di Pulau Bali dan Indonesia serta diikuti perwakilan seniman dari luar negeri.


JAKARTA, KOMPAS.comPesta Kesenian Bali (PKB) terpilih menjadi pemenang acara unggulan dalam peluncuran Calendar of Events 2020 Wonderful Indonesia yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Acara ini mengalahkan 100 acara pariwisata lainnya dari berbagai daerah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut PKB menjadi satu acara terbaik dan dapat menjadi contoh bagi acara-acara di daerah lainnya.

“Satu saja yang terbaik adalah Pesta Kesenian Bali (PKB) itu contoh event yang sempurna. Paradenya bagus sekali, cultural event-nya sangat bagus,” kata Arief di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Arief mengatakan alasan-alasan PKB menjadi contoh event yang harus ditiru daerah-daerah lainnya karena memenuhi 3C yang menjadi kriteria dari kurator, yaitu Cultural atau Creative Values, Commercial dan Communication Values, dan CEO Commitment.

“Jadi kalau Bali itu 3C nya sempurna menurut saya," jelas Arief.

Baca juga: Siwanatha Raja, Tarian Pembuka Pesta Kesenian Bali 2017

Ia mengatakan koreografer, tata busana, dan musik yang disajikan di PKB sudah sempurna. Secara commercial values, penonton PKB seimbang secara originasi.

"Itu penontonnya separuh asing separuh orang kita, orang kita pun itu yang menonton mungkin pebisnis jadi komersilnya dapat, lalu CEO Commitmentnya, ini acara sudah 36 tahun berjalan, konsisten,” jelas Arief.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X