Pendaki Nepal, Nimsdai Berhasil Daki 14 Gunung Tertinggi dalam 6 Bulan 6 Hari

Kompas.com - 29/10/2019, 20:44 WIB
Pendaki gunung asal Nepal, Nirmal Purja berhasil mendaki 14 gunung dengan ketinggian 8.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dalam waktu 6 bulan 6 hari Instagram @NimsdaiPendaki gunung asal Nepal, Nirmal Purja berhasil mendaki 14 gunung dengan ketinggian 8.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dalam waktu 6 bulan 6 hari

KOMPAS.com - Pendaki gunung asal Nepal, Nirmal Purja (36) atau akrab disapa Nimsdai mencatatkan rekor terbaru atas keberhasilannya mendaki 14 gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian di atas 8.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Rekor Nimsdai berhasil dikukuhkan dengan mencapai puncak gunung ke-14 yakni Shishapangma di China pada Selasa, (29/10/2019) pagi.

"Mission Achieved," tulis Nimsdai dalam akun Instagramnya @Nismdai.

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Gunung Everest

Nimsdai mendaki Gunung Shishapangma tiba di puncak Shishapangma pada pukul 8:58 waktu setempat. Nimsdai mendaki bersama rekan timnya yaitu Mingma David Sherpa, Galjen Sherpa dan Gesman Tamang.

Total waktu pendakian 14 gunung dengan ketinggian di atas 8.000 mdpl diselesaikan dalam waktu 6 bulan 6 hari. Awalnya, ia menargetkan waktu pendakian seluruh gunung yakni 7 bulan.

"Segala sesuatu dalam hidup bisa diraih hanya dengan pendekatan yang ditentukan dan pola pikir positif," tulis Nimsdai.

Rekor sebelumnya diraih oleh pendaki asal Polandia, Jerzy Kukucza pada tahun 1987 dengan catatan waktu 7 tahun, 11 bulan, dan 14 hari.

Dalam website British Mountaineering Council, rekor juga diraih oleh pendaki asal Korea Selatan, Kim Chang-ho dengan catatan waktu 7 tahun, 10 bulan, dan 6 hari.

Nimsdai merupakan mantan anggota Gurkhas, sebuah brigade tentara Nepal di militer Inggris yang terkenal dengan ketangguhannya. Ia juga merupakan anggota elit Special Boat Service.

Nimsdai bergabung bersama militer Inggris selama 16 tahun. Pada tahun 2019, ia meninggalkan militer Inggris.

Ia memulai proyek mendaki 14 gunung dengan ketinggian 8.000 mdpl dalam 7 bulan itu mulai bulan April. Proyek pendakian gunungnya ia namakan "Project Possible".

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber AFP
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X