Apa Bedanya Artisan Bakery dengan Toko Roti Biasa?

Kompas.com - 23/11/2019, 17:01 WIB
toko roti Shutterstocktoko roti

KOMPAS.COM – Toko roti yang akhir-akhir ini sedang viral, Tous Les Jours, bukan toko roti biasa. Tous Les Jours termasuk ke dalam kategori artisan bakery.

Baca juga: Tous Les Jours adalah Artisan Bakery, Apakah Itu?

Ada perbedaan antara artisan bakery dengan toko roti biasa. Berikut perbedaan antara artisan bakery dan toko roti biasa seperti dikutip dari Fasteasybread.com:

1. Roti artisan menggunakan metode tradisional

Menurut Fasteasybread.com, roti artisan pada umumnya lebih baik daripada roti biasa karena menggunakan metode tradisional.

Metode tradisional dalam pembuatan roti sendiri hanya menggunakan empat bahan yaitu tepung, air, garam, dan ragi.

Selain itu, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa roti artisan haruslah sebuah resep yang otentik. Biasanya resep otentik berarti resep yang sudah cukup lama digunakan.

Kemudian ada juga pendapat lain soal roti artisan yang harus dibakar menggunakan pembakaran dengan api, bukan menggunakan oven biasa.

Ilustrasi pembuatan roti artisanShutterstock Ilustrasi pembuatan roti artisan

2. Handmade

Masih mengutip dari Fasteasybread.com, banyak pendapat yang menuturkan bahwa roti artisan haruslah dibuat menggunakan tangan langsung atau handmade. Roti artisan bukan roti yang bisa dibuat dalam skala besar.

Namun, hal ini tidak selalu benar. Pasalnya, ada juga beberapa roti artisan yang diproduksi menggunakan mesin dan dibuat dengan skala besar.

3. Hanya menggunakan bahan alami

Roti artisan hanya dibuat menggunakan empat bahan utama dalam membuat roti yaitu tepung, garam, air, dan ragi.

Tepung yang digunakan dalam membuat roti artisan pun berbeda dari roti biasanya. Namun tidak ada catatan khusus soal tepung seperti apa yang digunakan.

Seperti dikutip dari Bakerpedia.com, roti artisan biasanya menggunakan tepung dengan protein yang lebih rendah dan tingkat kelembaban tinggi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X