Mencoba Bakmi Gocit, Bakmi Ayam Legendaris Jakarta dari 1983

Kompas.com - 09/12/2019, 18:02 WIB
Salah satu menu andalan Bakmi Spesial di Bakmi Gocit dok. Bakmi GocitSalah satu menu andalan Bakmi Spesial di Bakmi Gocit


JAKARTA, KOMPAS.com - Bakmi ayam satu ini sudah puluhan tahun menemani lidah warga ibu kota. Bakmi Gocit salah satu bakmi ayam yang berdiri sejak 1983 di kawasan Pluit.

Budi pendiri Bakmi Gocit memulai bisnis pada tahun 1983 berawal dari gerobak keliling, mangkal di depan sekolah, sampai punya 11 cabang di Jakarta dan Bali

Dari awal buka sampai sekarang, Budi mengatakan resep yang digunakan masih sama.

"Bakmi kita kan ada perbedaan dengan bakmi lain. Kita bikinnya enggak bahan yang mengandung zat kimia jadi semuanya alami," jelasnya.

Baca juga: Apa Bedanya Bakmi China dengan Bakmi Indonesia?

Alasan Budi membuat bakmi dan topping yang bebas pengawet dan zat kimia, lantaran ia ingin yang menyantap bakminya puas dan sehat.

Terlebih, ia dan keluarga juga suka menyantap bakmi sajian sendiri. Jadilah bahan bakmi harus menyehatkan. 

Bakmi primadona dari Bakmi Gocit adalah bakmi spesial. Disebutkan oleh Budi Bakmi Gocit bebas babi alias tidak mengandung babi sama sekali. Untuk minyak mie, yang digunakan adalah minyak sayur dan sedirit taburan bawang putih goreng.

Rasa bawang putih ini yang membuat Bakmi Gocit punya aroma dan rasa yang khas. 

Tekstur mienya juga lumayan kenyal dan tidak mudah putus. Kebanyakan penjual bakmi akan mengunakan air abu sebagai bahan pengenyal. Namun berbeda dengan Bakmi Gocit, mereka menggunakan telur sebagai bahan pengenayal.

Baca juga: Jangan Campur Mi dengan Kaldu! Ini Cara Makan Bakmi yang Benar

Untuk topping, Bakmi Gocit mengandalkan daging ayam, sapi, dan boga bahari (seafood).

Pada semangkuk bakmi spesial misalnya, topping bakmi terdapat kulit pangsit goreng dan ayam cincang masak kecap. Juga terdapat potongan jamur kancing yang manis dan irisan otak-otak yang terbuat dari daging ikan tenggiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X