Kompas.com - 05/02/2020, 21:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Perum DAMRI meluncurkan layanan angkutan antarmoda dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) pada Kamis (30/1/2020).

Titik awal rute yang direncanakan berangkat dari Sleman City Hall (SCH).

Melalui rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (5/2/2020) General Manager Perum DAMRI Cabang Yogyakarta Rahmat Santoso mengatakan bus DAMRI ini rencananya akan menjadi penunjang transportasi ketika bandara baru sudah resmi beroperasi pada 29 Maret 2020 mendatang.

Baca juga: 4 Tempat Wisata Ramah Anak di Yogyakarta, Cocok untuk Akhir Pekan

"DAMRI di sini hadir untuk support langsung Yogyakarta International Airport (YIA), karena kita ketahui airport itu sebenarnya tidak seharusnya menjadi titik kemacetan tapi solusi kemacetan agar bisa mengurangi penggunaan transportasi pribadi yang saat ini sudah terlalu tinggi," kata Rahmat seperti dikutip rilis Damri.

Terdapat dua jenis bus yang dipersiapkan DAMRI yaitu Mercedes-Benz Sprinter dan Toyota Hi-Ace.

Mercedes-Benz Sprinter tergolong angkutan premium yang mampu mengangkut 10 penumpang dengan beragam layanan, yaitu memiliki interior mewah dan dilengkapi dengan sarung kursi berbahan kulit sintesis.

Tak hanya itu, penumpang juga bisa menonton acara televisi yang tersedia di bagian depan serta colokan listrik di setiap kursinya. Kamu tak akan bingung untuk mengisi daya gawai atau smartphone.

Baca juga: Weekend di Yogyakarta, Ini 7 Tempat Wisata Instagramable ala Luar Negeri

Adapun tarif yang dikenakan untuk satu kali perjalanan yaitu sebesar Rp 25.000 dari tarif normal Rp 70.000 dengan jam operasional mulai pukul 03.00 sampai pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, waktu keberangkatan dijadwalkan setiap 30 menit sekali dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit dari Sleman City Hall menuju YIA. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.